Profil All New Daihatsu Xenia

Profil All New Daihatsu Xenia Deddy / All New Daihatsu Xenia 1.3 R ADS

KabarOto.com – All New Daihatsu Xenia sudah resmi diperkenalkan ke publik secara resmi di GIIAS 2021. Baik tampilan eksterior maupun interiornya didesain ulang agar memberikan kesan lebih segar dan futuristik.

All New Xenia hadir dengan pilihan mesin 1.300 cc (1.3) dan 1.500 cc (1.5), keduanya memiliki lekukan bodi yang sama, hanya saja detilnya sedikit berbeda. Di mana untuk versi 1.5, ada aksen merah panjang membentang dari lampu hingga gril. Sementara versi tertinggi 1.3 R ADS dilengkapi satu set bodykit baik lips depan, sideskirt samping, hingga diffuser belakang.

All New Daihatsu Xenia 1.5 R dan 1.3 R ADS.

Lampu utamanya memakai teknologi LED, hanya saja foglamp masih crystal multireflektor, namun lampu belakangnya sudah LED. Keduanya sudah mendapat talang air, dan 1.5 punya fitur kamera 360.

Baca juga: Ini Pilihan Low MPV Di GIIAS 2021, Harga Mulai Rp200 Jutaan

Ukurannya sedikit membengkak ketimbang sebelumnya, panjangnya jadi 4.395 mm, lalu lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.700 mm. Sumbu rodanya 2.750 mm, dan ground clearance sekitar 205 mm.

Dilengkapi side skirt ADS.

Pelek 1.3 menggunakan warna single tone abu-abu 15 inci, dibalut ban 185/65 Bridgestone Ecopia. Sementara pelek 1.5 ukuran 16 inci finishing hitam polish, berbalut ban 195/60.

Jantung mekanisnya dibekali mesin 1NR berkapasitas 4 silinder DOHC 1.300 cc dengan output 97,9 dk dan torsi maksimal 121 Nm. Lalu ada 2NR bekapasitas 4 silinder dual VVTI 1.500 cc, punya tenaga 106 dk dan torsi 138 Nm. Sekarang transmisinya memakai CVT lengkap triptronik dengan penggerak roda depan.

Masuk ke interior, varian keduanya masih menggunakan bahan plastik keras untuk beberapa bagian trim, warna 1.3 full hitam serta aksen merah, dan 1.5 punya aksen abu-abu dan aksen merah. Joknya masih memakai bahan fabric namun cukup sporty karena dibalut warna hitam dan jahitan merah. Serta tenang apabila baterai smartphone habis, sebab Xenia memiliki power outlet cukup banyak sekitar empat titik, dua depan dan dua belakang.

Fitur power window hanya ada di sisi driver, window lock, electric mirror, electric retract dan auto folding. Selain itu asyiknya lagi terdapat fitur air purifier yang tentunya sangat berguna dikala pandemi seperti sekarang.

Baca juga: Ini Alasan Kia Grand Carnival Pertahankan Tipe Bodi Lawasnya

Spidometer menggunakan model analog dan layar kecil MID full color sebagai penunjukka informasi kepada pengemudi, baik jam digital dan analog, trip, pengaturan suara sein, tanggal, door lock dapat diatur dikecepatan berapa, suara alarm dan sebagainya, pokoknya fitur Xenia baru ini sangat lengkap.

Pengaturan setir bisa tilt namun belum teleskopik, serta jempol tifak sepi karena bisa mengatur audio di bagian kiri. Lalu headunitnya floating dan sudah terintegrasi Adroid Auto dan Apple Carplay. AC digital namun belum auto climate, bahkan tidak ada arah semburan. Blower Ac Juga unik, mengingatkan kita dengan desain air circulator milik Sigra.

Akses ke baris ketiga juga mudah karena satu kali klik maka jok bisa terlipat. Lalu jok baris ketiga bisa dilipat 50:50, dan hasil pelipatannya rata lantai.

Soal harga 1.3 R ADS CVT dibanderol Rp 228,3 jutaan. Sementara tipe 1.5 R A.S.A diluar paket ADS Rp 242,2 jutaan. Jika melihat varian paling rendah, Xenia dijual dari Rp 190 juta sampai Rp 242 jutaan.