Profil All New Honda Civic Hatchback

Profil All New Honda Civic Hatchback

KabarOto.com - Setelah dua bulan menunggu kepastian All New Honda Civic Hatchback, sedianya di Jepang pada 3 September mendatang sudah bisa dipinang oleh konsumen.

Mantapnya lagi banderolnya sudah diumumkan. Tipe Civic Hatchback LX harganya 3.190.000 Yen atau setara Rp 418 juta, sedangkan untuk tipe EX dilepas 3.539.800 Yen atau setara Rp 463,8 juta.

Baca juga: New Honda Civic Type R jadi Official Car Red Bull Racing dan AlphaTauri



Tapi sayangnya, rencana memperkenalkan Civic elektrifikasi masih dalam penantian. Karena cukup menggoda model hybrid yang diklaim sodorkan sistem hybrid 2 motor listrik murni buatan Honda yakni tipe e:HEV. Sementara paling ditunggu para penggemar kecepatan yakni Civic Type R harap bersabar hingga tahun 2022.

Baca juga: Dijual Rp1,1 Miliar, Ini Profil New Honda Civic Type R Yang Hadir Di Indonesia

Memang cukup menarik apa yang diumbar Honda di New Civic generasi ke sebelas ini. Meski bodi diklaim semakin besar akibat pemanjangan jarak sumburoda, tapi memastikan Civic kali ini tetap mantap dikendarai.



Mesinnya bertipe L15C empat silinder memiliki kapasitas 1.496 cc disokong turbo berkompresi 10,3:1. Perihal tenaganya 180 dk pada 6.000 rpm dan torsinya 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm.

Para desainer telah merancang hatchback empat pintu ini memiliki tarikan garis coupe yang mengunggulkan distribusi bobot, performa kuat dan pengendalian sangat bisa diandalkan. Bahkan menitik beratkan pada penggunaan material ringan seperti pada kap mesin, yakni ultra-high-strength steel high-tensile steel 1190Mpa.



Dalam hal meningkatkan kemampuan pengendalian pengendara, seperti jarak pandang lebih luas dengan menempatkan wiper yang tepat, bentuk dasbor tidak membuat pantulan di kaca. Begitu juga operasional di kokpit, pengendara mudah memantau tombol dan penggunaannya. Oh iya, panel istrumen digital di depan pengendara gunakan layar 10,2 inci untuk tipe EX, sedangkan LX gunakan ukuran 7 inci.

Baca juga: Biar Makin Kece, Ini Aksesori Mugen New Honda Civic Type R Di Indonesia

Kenyamanan selama berada di kabin sangat dioptimalkan. Honda memasangkan wireless charging bagi ponsel yang sudah memakai fitur Qi. Bila musim dingin, kehangatan tak hanya di dapat dari semburan AC, namun juga datang dari jok berpemanas yang bisa disetel tiga tingkat temperaturnya.



Bagi penumpang belakang, meski Civic Hatchback ini tetap hadirkan kesan lapang dan terang berkat desain jendela yang besar dan ada sudut jendela di bagian belakang. Belum lagi ada penambahan 35 mm jarak antara kursi depan.

Tak melupakan fitur Honda Sensing yang kian canggih. Kali pertama di Civic menerapkan traffic jam assist, bisa melakukan kontrol otomatis di pedal gas, rem dan putaran kemudi. Selama di jalan ada garis marka, melalui sensor dapat menjaga jarak dengan kendaraan di depan, melaju dari 0 kpj hingga 65 kpj. Tentunya fitur ini memperingan tingkat kejenuhan berkendara usai pulang aktivitas bekerja.



Harga Rp 463,8 juta untuk tipe EX tak mengecewakan dengan dihadirkannya tatanan audio dari Bose Premium Sound System. Mengadaptasi teknologi "Centerpoint" membuat para penumpang bisa menikmati dengan baik koleksi musik layaknya konser.

Ada 12 speaker yang ditata menyebar untuk mendapatkan staging tepat. Midrange berukuran 8 cm ditempatkan di tengah dasbor, speaker wide range 17 cm disematkan di pintu depan. Speaker wide range 13 cm ditempatkan di pintu belakang, tweeter ada di pilar depan dan pintu belakang. Sepasang speaker Midrange 8 cm ada di bagasi ditambah subwoofer 20 cm di sebelah kanan.

Baca juga: Dibekali Fitur Canggih, Kia Carnival 4-Seater Tambah Nyaman dan Eksklusif



Meski hatchback, namun Honda berusaha agar bagasinya menjadi yang terluas di kelasnya sajikan 452 liter. Bila ingin mendapatkan ruang bagasi lebih luas, jok belakang bisa dilipat 60:40. Muat bila menempatkan 3 set tas golf.

Dimensinya memiliki panjang 4.550 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.415 mm. Adapun jarak sumburodanya 2.735 mm. Ground clearance-nya 135 mm. Gunakan profil ban 235/40R18.