POPULAR STORIES

Profil All New Isuzu MU-X 4x4

Profil All New Isuzu MU-X 4x4 Foto : Deddy & Rizky/KabarOto

KabarOto.com – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menghadirkan All New Isuzu MU-X 4x4.

Kali ini, pihak pabrikan ingin fokus di kelas bisnis Commercial Vehicle dan menyasar segmen tambang, perkebunan, oil dan gas serta perusahaan rental. Oleh karena itu, dengan hadirnya All New Isuzu MU-X 4x4 2021 hadir.

Sebelumnya, Isuzu MU-X pertama kali hadir di Tanah Air pada 2016 lalu. Kala itu, MU-X menjadi kendaraan Sport Ultility Vehicle (SUV) seven seater termurah di antara rival-rivalnya. Pada GIIAS 2019, MU-X facelift hadir dengan tampilan lebih segar dan pilihan varian serta fitur baru.

Baca juga: All New Isuzu MU-X 4x4 Dan All New D-Max Buka Selubung Di GIIAS 2021

Secara tampilan, MU-X terbaru ini tampil lebih sangar dan agresif dengan gril, bumper serta lampu baru menyipit dengan LED bi-beam proyektor dengan LED DRL. Pada bagian gril terdapat dua bilah dengan aksen abu-abu. Sayangnya, mobil ini tidak ada fog-lamp.

Pada bagian samping, tidak ada aksen krom ataupun add-on body kit yang membuatnya terlihat bersih dan simpel. Secara garis desain tidak berbeda dari model sebelumnya, tetapi bagian kaca baris ketiga lebih melandai. Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan Independent Coil Sping dan 5-Link Coil Spring with Stabilizer bar untuk belakang. Pada bagian pelek model multipalang ini berukuran 17 inci dengan finishing single-tone. Pelek ini dibalut ban Dunlup Grandtrek ukuran 255/65 R17.

Pada bagian belakang, kini desainnya lebih membulat dan simpel tidak ada hiasan garnish krom serta underguard yang sewarna bodi. Kini, MU-X menggusung lampu model baru yang model LED garis berbentuk L sementara untuk lampu rem dan senja. Sementara untuk lampu sein dan mundur masih bohlam biasa. Tidak lupa, terdapat kamera mundur dengan sensor parkir.

Masuk ke interior, dasbor dan door trim didominasi warna hitam dan silver serta dengan soft touch dengan jahitan asli. Pada lingkar kemudi model tiga palang ini sudah berlapis kulit sayangnya tidak ada pengaturan baik audio maupun cruise control.

Baca juga: Isuzu Nyatakan Siap Menjalankan Standar Emisi Euro 4

Untuk bagian instrument klusternya, terdapat dua jarum besar dengan MID berwarna sayangnya informasinya hanya menampilkan fuel meter, suhu mesin dan trip A & B saja. Pada bagian tengah, terdapat head unit 7 inci yang sudah support Android Auto dan Apple CarPlay. Lalu, ada panel AC yang masih model putar tidak ada fitur auto dan arah semburannya tidak terlalu lengkap.

Dibagian konsol tengah, ada tuas transmisi dengan mode triptonic. Lalu, terdapat dua tombol untuk aktif/non-aktifkan Electronic Stability Control (ESC) dan Hill Descent Control (HDC). Tidak lupa, terdapat pengaturan penggerak 4x4 model knob ini sudah Shift on The Fly.

Masuk ke baris kedua, penumpang akan dimanjakan dengan empat cupholder yang terletak di door trim dan di armrest. Serta power socket 12 volt dan ventilasi AC hingga baris ketiga.

Secara dimensi, SUV ini memiliki (PxLxT) 4,850 mm, 1,870 mm, 1,815 mm. sementara untuk wheelbase sekitar 2,855 mm dengan bobot bersih 2,005 kg serta ground clearance 230 mm.

Baca juga: Kenapa Isuzu Masih Produksi Kendaraan Diesel Dengan Standar? Ini Alasannya

Bicara soal performa, All New MU-X ini dibekali mesin baru berkode RZ4E-TC (Euro 2) empat silinder 1,898 cc common-rail dengan intercooled VGS uang mampu menghasilkan tenaga hingga 147 dk di 3.600 rpm dengan torsi 350 Nm di 1.800 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui system 4x4 dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Tampilan mesin Isuzu MU-X 4x4

Dalam keadaan standar, mobil ini sudah dilengkapi dua Airbag, ABS+EBD, Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HAS), Hill Descent Control (HDC) dan Emergency Stop Signal (ESS).

Bicara soal harga, pihak pabrikan kini hanya menyediakan satu varian saja MU-X 4x4 A/T dengan harga sekitar Rp 559 jutaan. Pihak Isuzu mengatakan mereka harus menunggu regulasi Euro 4 di Indonesia agar bisa menghadirkan varian lainnya.