POPULAR STORIES

Isuzu Nyatakan Siap Menjalankan Standar Emisi Euro 4

Isuzu Nyatakan Siap Menjalankan Standar Emisi Euro 4 Booth Isuzu yang menampilkan kendaraan komersial, yang siap dengan aturan Euro 4

KabarOto.com - Pemerintah akan menerapkan standar emisi Euro 4 di mesin kendaraan diesel tahun 2022. Aturan itu tertuang di dalam surat yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No S 786/MENLHK-PPKL/SET/PKL.3/5/2020 tertanggal 20 Mei 2020.

Seluruh produsen otomotif yang merakit kendaraan niaga bermesin diesel akan mulai melakukan produksi pada 7 April 2022. Anjuran untuk beralih ke Euro 4 itu sendiri sudah tertuang di dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

Baca Juga: All New Isuzu MU-X 4x4 Dan All New D-Max Buka Selubung Di GIIAS 2021

Isuzu, salah satu yang memproduksi kendaraan niaga bermesin diesel, telah mempersiapkan sejak tahun 2011. Saat itu, diperkenalkan Isuzu Giga sebagai kendaraan medium truk yang telah mengimplementasi mesin commonrail.

Tonton Eko, Product Development Division Head PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) menjelaskan, tahun 2018 juga memperkenalkan produk Isuzu Elf NMR 81 yang sudah menggunakan mesin commonrail. kemudian tahun 2019, Isuzu Indonesia mengekspor pertama kali Isuzu Traga yang mesinnya sudah standar Euro 4 ke Filipina.

Isuzu tetap berkomitmen untuk mempertahankan DNA Isuzu yang irit bahan bakar sehingga operational cost yang ditimbulkan karena bahan bakar mahal dapat ditekan. Isuzu juga sudah melakukan performance test, yang menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar unit Euro4 Isuzu lebih irit dibandingkan unit Euro2 Isuzu.

Adanya pengalaman Isuzu 10 tahun perihal mesin commonrail, membuktikan jika produk Isuzu diterima dengan baik oleh masyarakat. Didukung pula mekanik andal dan penyediaan suku cadang yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Kesiapan itu, terlihat dengan 145 unit Bengkel Isuzu Berjalan (BIB), 2.403 partshop, dan juga 73 Bengkel Mitra Isuzu (BMI). Saat implementasi tersebut dijalankan, Isuzu sudah siap.

Baca Juga: Kenapa Isuzu Masih Produksi Kendaraan Diesel Dengan Standar? Ini Alasannya

“Kami siap mendampingi Anda untuk setiap langkah dalam perjalanan bisnis customer menuju sukses,” jelas Tonton, di GIIAS 2021, yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang. Pameran ini juga sekaligus menjawab, kesiapan mereka menjadi produsen kendaraan komersial dalam menyambut standar emisi Euro 4.