POPULAR STORIES

Profil All New Toyota Agya

 Profil All New Toyota Agya All New Toyota Agya (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Pertama kali diluncurkan Toyota Agya bermodalkan tiga DNA utama, yakni kualitas dapat diandalkan, konsumsi BBM hemat dan harga terjangkau. Kini, generasi keduanya hadir dan menawarkan sesuatu yang diklaim lebih baik.

Toyota menganggap bahwa kebutuhan pelanggan akan sebuah mobil hatchback telah berkembang secara eksponensial. Melampaui fungsi dasar sebuah mobil, hatchback harus memiliki biaya operasional bagusm value for money dan memiliki hubungan emosional yang kuat dengan pemiliknya. Selain itu, harus dapat menarik perhatian, menawarkan kenyamananbaik dan dilengkapi fitur untuk memenuhi kebutuhan mobilitas harian.

All New Toyota Agya masih menggunakan logo LCGC

Berdasarkan pendekatan tersebut, Toyota mengembangkan mobil dengan kualitas dasar dan meningkatkan quality, durability, dan reliability pada All New Toyota Agya.

Untuk meningkatkan essensial quality, desainer dan engineer Toyota berkolaborasi untuk mengujinya di kondisi tertentu, di mana jalanannya tidak rata, dan harus dapat diandalkan ketika menghadapi banjir. Tujuannya untuk memperoleh peningkatan pada beberapa aspek fundamental, sehingga dapat menghadirkan kendaraan yang tangguh dan andal, sekaligus menjanjikan rasa percaya diri tinggi.

Baca juga: All New Toyota Agya Dengan Platfrom DNGA, Janjikan Ubahan Fundamental

Toyota Agya baru menggunakan platform DNGA

All New Agya mendapatkan peningkatan menyeluruh untuk meningkatkan efisiensi mesin, menghemat bensin, dan juga menawarkan dan performa yang lebih baik. Generasi kedua ini dilengkapi dengan mesin baru berkode WA-VE 3 silinder Dual VVT-i berkapasitas 1.200 cc. Bertenaga 86,7 dk pada 6.000 rpm dan torsi 112 Nm pada 4.500 rpm. Mesin tersebut dipadukan transmisi CVT diklaim lebih ringkas, kompak, efisien serta berpenggerak roda depan..

Menurut Toyota, mesin 3 silinder memiliki kelebihan, yakni efisien dalam mengolah bahan bakar sehingga konsumsi bensin lebih hemat dan memproduksi torsi lebih tinggi dibandingkan mesin 4 silinder dengan volume sama. Karakter torsi kuat yang didapatkan sejak putaran mesin rendah tersebut memberikan akselerasi lebih cepat dan sigap dari model sebelumnya tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar. Transmisi CVT baru turut menyumbang efisiensi mesin saat berkendara.

Konsep horizontal design memperlihatkan kesan lebih canggih dan driver-oriented

All New Toyota Agya menggunakan platform monocoque dikembangkan bersama suspensi yang sanggup meredam guncangan dengan lebih baik dan fleksibel terhadap kondisi jalan Indonesia yang dinamis. Handling Agya baru diklaim juga jadi lebih lincah, stabil, dan peluang body roll lebih kecil, sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara.

Baca juga: All New Toyota Agya, Masih Produk LCGC?

Peningkatan pada platform ini meningkatkan kekakuan lateral sehingga bodi belakang lebih stabil, sementara ubahan pada torsion beam yang lebih kaku membuat mobil lebih mudah dikendalikan. Electric Power Steering (EPS) turut ditingkatkan kinerjanya sehingga lebih responsif dengan radius putar lebih kecil sebagai salah satu syarat utama mobil perkotaan.

All-New Agya menawarkan eksterior yang “powerful and aggressive”, memperkuat kesan sporty. Toyota juga menampilkan desain yang unik, dengan perubahan pada tampak depan, yang membuatnya terlihat lebih sporty. Di saat yang sama, siluet bodi dari samping menunjukkan postur tubuh yang gagah dan tampak lebih besar. Kesan agresif juga ditampilkan oleh garis desain yang tampak tajam dan berkarakter.

Tampilan belakang lebih sporty

Masuk ke dalam mobil, konsep horizontal design memperlihatkan kesan lebih canggih dan driver-oriented untuk menunjukkan interior yang sporty dan berkualitas tinggi. Panel instrumen dan door trim mengadopsi tekstur 3 dimensi untuk memberikan nuansa canggih.

Konsol tengah dan tuas transmisi dipindahkan lebih tinggi untuk menjaga ergonomi pengemudi yang sudah lebih baik berkat pengaturan desain dan posisi jok yang sanggup menopang tubuh secara optimal, termasuk rombakan pada desain dan layout pedal-pedal supaya pengemudi mendapatkan posisi duduk yang natural dan rileks.

Penggunaan platform DNGA memberikan ruang untuk memperbesar dimensi kabin dengan menjaga bodi tetap kompak sebagai ciri khas sebuah mobil perkotaan yang andal untuk mobilitas perkotaan. Agya memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm dan sumbu roda 2.525 mm. Daya angkut ditingkatkan dengan menambah panjang bagasi menjadi 610 mm.