Profil All New Toyota Corolla Cross

Profil All New Toyota Corolla Cross

KabarOto.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan varian terbarunya yakni Corolla Cross lewat konferensi pers virtualnya hari Kamis ini (6/8). Sosok Corolla yang selama ini identik dengan sedan, kini telah reinkarasi menjadi SUV anyar.

All New Corolla Cross hadir dalam dua varian yang semuanya memiliki sistem transmisi CVT yaitu, All New Corolla Cross 1.800 cc versi mesin bensin dan All New Corolla Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV).

All New Corolla Cross berbahan bakar bensin menggunakan mesin 2ZR-FE 4 silinder, DOHC berkapasitas 1.800 cc. Diklaim mampu mencapai tenaga maksimum 138 dk pada putaran mesin 6.400 rpm dan torsi 239 Nm pada 4.000 rpm.

Sedangkan pengemudi All New Corolla Cross HEV juga mendapat tambahan fitur kenyamanan. Adanya pengaturan posisi duduk enam arah secara elektrik dan power back door dilengkapi kick sensor untuk mengakses pintu bagasi.

All New Corolla Cross memiliki mesin HEV kode 2ZR-FXE, berkapasitas 1.798 cc, 4-silinder DOHC berteknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 96 dk dan torsi 142 Nm. Motor listriknya mampu menghasilkan sentakan maksimum sebesar 71 dk dan torsi sebesar 162 Nm.

Baca Juga: Akankan All New Toyota Corolla Cross Mengganggu Penjualan C-HR?

Dikemas sebagai SUV perkotaan berkapasitas lima penumpang, Corolla Cross mempunyai dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. jarak sumburoda disiapkan 2.640 mm, untuk hadirkan ruang kabin lapang dan memastikan mobil terasa nyaman. Selain itu volume bagasi yang cukup memadai.

Corolla Cross punya head clearance sejauh 105 mm di depan dan 87 mm di belakang. Selain itu, jendela lebar diklaim untuk memberikan keleluasaan visibilitas untuk melihat pemandangan keluar. Selain itu, radius putar 5,2 meter memastikan pengemudi dapat melakukan manuver di ruang terbatas, seperti balik arah atau parkir dengan mudah dan cekatan.

All New Corolla Cross menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C). Merupakan pengembangan revisi pada rigiditas dan sistem suspensi, didesain khusus dan diklaim memberikan peredaman yang lebih baik. Hal ini diklaim terasa pas adanya ground clearance setinggi 165 mm.

Sebagai SUV perkotaan, Toyota ingin memastikan penghuni kabin All New Corolla Cross dilengkapi oleh beragam fitur. Seperti interior bernuansa hitam dipadukan dengan kehadiran steering switch dan AC digital dual zone. Panel instrumen disandingkan MID 4,2 inci dan head unit 9 inci IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.

Sementara penumpang di baris kedua diberikan kisi AC yang berada di belakang konsol tengah. Bagian luarnya, tersedia smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror.

Baca juga: Akankan All New Toyota Corolla Cross Mengganggu Penjualan C-HR?

All New Corolla Cross dilengkapi paket fitur keamanan pasif dan aktif mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seat belt with pretensioner and force limiter.

Dilengkapi 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.