POPULAR STORIES

Akankan All New Toyota Corolla Cross Mengganggu Penjualan C-HR?

Akankan All New Toyota Corolla Cross Mengganggu Penjualan C-HR? foto: Toyota Indonesia

KabarOto.com – Resmi meluncur, All New Toyota Corolla Cross disuguhkan beragam fitur mumpuni, untuk keluarga Indonesia. Harga sudah diberitakan, Rp 457,8 juta untuk versi mesin bensin dan Rp 497,8 juta untuk varian hybrid.

Baru dirilis, sudah ada yang beranggapan bahwa Corolla Cross bakal membuat penjualan C-HR, saudaranya yang telah lebih dulu muncul, terganggu. Nah, anggapan ini ditepis oleh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM (Toyota Astra Motor).

“Sebab segmen yang dituju Corolla Cross lebih ke pemilik yang mengedepankan fungsional sebuah mobil, sementara pemilik C-HR lebih yang mencari styling,” papar Anton dalam sesi ngobrol virtualnya.

Baca juga: Menguji Toyota Prius PHEV Di Banyuwangi - Tarikan Mantap, Konsumsi Irit

Makanya, harga C-HR dipatok lebih tinggi, yakni mulai dari Rp 511 jutaan. Perbedaan lain adalah soal sensasi berkendaranya, walau ini mesti dibuktikan lewat test drive.

Maka dari itu, TAM yakin benar kalau penjualan Corolla Cross enggak akan sampai mengganggu C-HR, yang sama-sama punya daya angkut 5 penumpang. Juga pakai mesin yang sama, berkapasitas 1.800 cc.

“C-HR dibuat lebih driver oriented. Nanti pasti akan ketahuan ketika nyetir. Handling dan performanya dibuat untuk lebih menyenangkan pengemudinya,” sambung pria berkacamata ini.

Layout dasbor Corolla Cross (atas) dan Toyota C-HR (bawah), berbeda arah penempatannya

Pantes saja, teringat saat dulu KabarOto menjajal C-HR keliling Jawa Timur, paling kentara adalah layout dasbor. Pada C-HR, penempatan monitor infotainment dibuat condong ke sisi pengemudi, sementara pada Corolla Cross, monitor 9 incinya dibuat rata ke arah penumpang.

Oh iya, monitor Corolla Cross juga lebih besar loh dari C-HR yang hanya 7 inci. Plus lagi, rasanya keunggulan fitur monitor pada Corolla Cross sedikit lebih mumpuni, berkat adanya koneksi NFC.

Baca juga: Tabel Lengkap Biaya Perawatan Mobil Hybrid Toyota

Fitur ini sangat efektif untuk melihat berapa saldo pada kartu e-money, terlebih saat ingin masuk tol namun mobil sudah lama tak digunakan. Banyak nih pasti pemilik mobil yang kelupaan saldo e-money kan.

“Namun fitur ini hanya untuk melihat saldo ya, belum bisa untuk dipakai mengisi atau top up e-money,” wanti Anton lagi.

Keunggulan lain soal fungsi Corolla Cross adalah fitur power back door. Jadi, untuk membuka pintu bagasi tak hanya bisa dari tuas di kabin, namun juga bisa dengan sensor pada bumper belakang. Wah, gimana cara kerjanya nih?

Cukup lewatkan kaki di sensor pada bagian bawah bumper, bagasi akan terbuka sendiri

Caranya sangat mudah, jadi fitur ini efektif untuk pengguna Corolla Cross yang tangannya sibuk memegang belanjaan atau gandeng tangan anak. Cukup gerakkan kaki melintang di bawah bumper. Nantinya, pintu bagasi akan membuka dengan sendirinya.

Canggih ya… Tunggu sesi test drive-nya ya sobat KabarOto.

Baca juga: Garansi Panjang Mobil Hybrid Toyota Dan Biaya Perawatan Yang Mirip