Profil Aprilia Tuareg 660

Profil Aprilia Tuareg 660 PID

KabarOto.com - Desain Aprilia Tuareg 660 adalah hasil pekerjaan yang dilakukan oleh PADC (Piaggio Advanced Design Center), Pasadena, California, Amerika Serikat.

Para desainer yang dipimpin oleh Miguel Galluzzi, ingin menciptakan gaya yang berbeda. Inti dari proses ini adalah penghapusan besar-besaran dari setiap bagian yang tidak memiliki fungsi khusus, untuk menjaga ukuran dan berat keseluruhan tetap terkendali.

Fairing atasnya dibuat seperti model kontemporer dengan plexiglass. Bagian transparan ini dibuat dari jenis polimer tekno dengan fiberglass.

Tidak ada panel samping di bawah jok, digantikan oleh dua panel yang dapat dilepas saat memasang set pannier samping sebagai aksesori, agar tetap lebih dekat ke badan kendaraan.

Sistem pencahayaan full LED mencakup unit lampu depan lebih simpel dengan DRL. Aprilia Tuareg 660 memperkenalkan konsep double fairing yang berfungsi sebagai aerodinamis, yang sudah juga diperkenalkan pada Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660.

Baca juga: Dijual Rp 656 Juta, Aprilia Tuareg Resmi Diluncurkan Di Indonesia

Motor tersebut saat ini lengkap dengan fitur APRC (Aprilia Performance Ride Control) dan memiliki akselerator multimap Ride-by-Wire elektronik.

Fitur APRC meliputi beberapa hal, seperti Aprilia Traction Control (ATC). Kontrol traksi yang dapat disesuaikan ke 4 level atau dinonaktifkan.

Aprilia Cruise Control (ACC), untuk mempertahankan kecepatan yang disetel tanpa menyentuh kontrol throttle, berguna saat bepergian di jalan yang lurus dan jauh.

Aprilia Engine Brake (AEB), sistem untuk mengontrol engine brake saat menutup throttle, dapat disesuaikan sampai 3 tingkat.

Aprilia Engine Map (AEM), 3 mode mesin berbeda tersedia untuk mengubah karakter mesin dan cara menghasilkan tenaga. Fitur ini tidak mengubah daya maksimum yang diberikan.

Aprilia Quick Shift (AQS) hadir sebagai aksesori tambahan, yakni girboks elektronik yang memungkinkan perpindahan gigi dengan cepat tanpa menutup throttle atau menggunakan kopling.

Ada 4 Riding Mode khusus untuk Aprilia Tuareg 660. Dari empat Riding Mode yang ada, dua didedikasikan untuk berkendara di jalan raya, satu khusus untuk berkendara off-road, dan satu lagi dapat disesuaikan.

Mode Urban untuk berkendara sehari-hari, dikalibrasi dengan mempertimbangkan keselamatan dan ABS aktif di kedua channel.

Mode Explore untuk perjalanan menyenangkan di jalan, dikalibrasi agar pengendara dapat menikmati rute sepenuhnya. ABS aktif di kedua channel.

Mode Offroad, khusus untuk pengendaraan off-road, dengan minimum kontrol traksi dan engine brake. Setting mesin ini adalah yang paling mudah diatur dalam hal pengiriman tenaga. ABS dinonaktifkan pada rem belakang juga dapat dinonaktifkan pada rem depan.

Mode Individual, yang memungkinkan pengendara melakukan setting kontrol elektronik sepenuhnya.

Baca juga: Akrapovic Luncurkan Sistem Pembuangan Untuk Aprilia Tuareg 660

Kluster instrumen TFT digital berwarna yang memiliki ukuran 5 inci memberikan parameter dan dilengkapi sensor senja yang menyesuaikan kecerahan berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar.

Jantung mekanisnya dipersenjatai mesin 2 silinder tipe paralel dengan kapasitas 660 cc, menurutnya, konfigurasi ini menonjol karena dimensinya yang ringkas dan bobotnya yang ringan.