POPULAR STORIES

Profil Chery Tiggo 8 Pro

Profil Chery Tiggo 8 Pro Chery Tiggo 8 Pro versi kemudi kanan untuk Indonesia (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - PT Chery Motor Indonesia (CMI) memastikan komitmen untuk meramaikan pilihan kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) di Tanah Air. Sedianya akan memulai menyingkap tiga pilihan kendaraan tersebut di Indonesia International Motor Show 2022 yang digelar Februari.

Adapun Chery Tiggo SUV series yang menjadi pilihan adalah Tiggo 4 Pro, Tiggo 7 Pro, dan Tiggo 8 Pro. Adapun ketiga SUV dikemas dengan tampilan dan dimensi yang berbeda, termasuk fitur yang beragam.

Baca juga: Profil Chery Tiggo 4 Pro

Kepercayaan diri CMI untuk memasarkan ketiga produk tersebut sejalan dengan popularitas Chery di pasar global. Marketing & Product Director PT Chery Motor Indonesia, Qin Gang, saat berjumpa dengan KabarOto mengatakan mempersilakan mengeksplorasi produk Chery Tiggo series.

Dua mobil Tiggo 4 Pro dan Tiggo 7 Pro, sebelumnya sudah KabarOto jabarkan profilnya. Chery Tiggo SUV paling puncak yang dipasarkan di Indonesia adalah Chery Tiggo 8 Pro. Bila dimensinya serta fitur yang diusung cukup menggoda pemain lama Tanah Air seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport serta Hyundai Santa Fe.



Memang, dimensinya tak sebesar ketiganya. Tiggo 8 Pro hanya memiliki panjang 4.722 mm dan lebar 1.860 mm, sedangkan tinggi terbilang paling jangkung 1.745 mm. Sementara untuk jarak sumbu roda 2.710 mm.

Banyak fitur yang cukup unggul di Tiggo 8 Pro, mulai dari penggunaan LED untuk sorotan lampu, pelek besar 18 inci berbalut ban 235/55 R18 dan atap panoramik + sunroof serta SunShade dioperasikan secara elektrik. Buka bagasi belakang gunakan sensor kaki, mempermudah untuk langsung meletakkan barang tanpa harus mencari lagi kunci untuk menekan tombol buka bagasi.



Mengimbangi bodinya yang terbilang bongsor, mesin bensin 1.600 cc yang disokong oleh turbo. Tenaga diklaim 194 dk dan torsinya 290 Nm. Penerus daya menggunakan sistem CVT, pengoperasiannya secara elektrik.

Mengakses ruang kabin, akan disapa oleh material lembut mulai dari doortrim hingga dasbor dan pastinya lingkar kemudi. Perwakilan Chery memastikan Tiggo 8 Pro yang disodorkan untuk konsumen Indonesia adalah top of the line yang sangat menggoda.



Terimpresi dengan ruang kokpit yang serba digital dan cukup satu sentuhan saja untuk pengoperasian. Seperti Penyesuaian duduk sudah ada memori, jadi tak merepotkan bila usai dipakai pengendara lain. Putaran kemudi juga ringan berkat Electric Power Steering (EPS). Oh iya, seluruh jok berbalut kulit.

Di balik kemudi model flat bottom ada layar panel instrumen digital berukuran 12,3 inci. Memberikan informasi berbagai hal termasuk tekanan ban hingga traffic sign recognition. Nah, untuk layar infotainment 10,25 inci di tengah dasbor memberikan informasi tentang setelan kendaraan, hingga penyejuk kabin dan tampilan pantauan kamera 360 derajat. Layar di bawah konsol tengah menunjukkan operasional penyejuk kabin.



Mengakses layar infotainment bisa dioperasikan melalui perintah suara atau dikoneksikan ke Bluetooth ponsel pintar. Suara merdu lantunan koleksi lagu di kabin didukung oleh delapan buah speaker. Di konsol tengah terdapat wireless charger, sangat praktis. Bila ingin suasana berbeda-beda, pengendara bisa memilih pendaran warna di sekeliling kabin.

Selain dari tuas transmisi elektrik, pengoperasian rem tangan juga cukup menggunakan tombol dan sudah auto hold. Tak perlu kerepotan menekan pedal rem ketika start dari tanjakan, karena sudah ada Hill Start Assist (HSA). Begitu juga saat merayap di turunan curam, dibantu fitur Hill Decent Control (HDC).



Konversi posisi berkendara, sayangnya belum diterapkan di bangku baris kedua untuk penumpang. Karena konvigurasi di kiri masih 60%, tentunya ini merepotkan untuk penumpang baris ketika saat akan mengakses duduk di kursi paling belakang. Umumnya, penumpang di Indonesia masuk dari sisi kiri kendaraan.

Baca juga: Profil Chery Tiggo 7 Pro

Bagi penumpang duduk di kabin Chery 8 Pro memang terbilang seperti berada di kendaraan mewah. Terdapat sandaran tangan bila baris kedua hanya mengakomodir dua penumpang. Sementara duduk di bagian belakang tak bisa dikatakan sangat lega, tapi sudah cukup pas untuk orang dewasa duduk di sana. Tak ada kesan terjepit, karena terbantukan atap panoramik yang memanjang.

Chery Indonesia saat ini masih belum bisa menentukan harga Tiggo 8 Pro melihat persaingan di kelas SUV yang terbilang kompetitif. Kehadiran Tiggo 8 Pro ini bisa menjadi benchmark seharusnya SUV diniagakan di Tanah Air, berjubel fitur dan brand lainnya menjadi overpriced.