POPULAR STORIES

Profil Citroen C3 Simak Spesifikasi Lengkapnya

Profil Citroen C3 Simak Spesifikasi Lengkapnya Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Citroen telah resmi kembali ke Indonesia, pabrikan Prancis membawa 3 line up andalannya. New C3, E-C4, dan C5 Aircross. Namun yang baru dirilis harganya baru New C3.

Mobil kompak dengan gaya SUV ini memilili dimensi panjang 3.981 mm, lebar 1.496 mm, tinggi 1.604 mm, serta wheelbase 2.540 mm.

New C3 punya gaya sporty begitu juga aura crossover yang kental, serta perpaduan warna unik. Mobil ini hadir dengan 10 perpaduan warna, 4 warna dasar di antaranya Polar White, Platinum Grey, Steel Grey dan Zesty Orange. Serta perpaduan atap dual tone warna Platinum Grey atau Zesty Orange. Bahkan aksen di bagian foglamp-nya ada pilihan warna Zesty Orange atau krom.

Baca Juga : Citroen Kembali, Boyong 3 Mobil Ke Indonesia

Lalu dari desain depan, terdapat model gril logo Citroen dua garis panjang yang menyatu hingga ke bagian lampu senja dan lampu utamanya. Namun baik lampu utama, sein, senja, hingga foglamp masih menggunakan halogen biasa.

Sementara kesan crossover tampak kental di mana bagian over fender berbahan plastik hitam mengelilingi bodinya. Serta ada semacam underguard berwarna abu-abu baik di depan dan belakang. Serta model side body moulding dengan ornamen pemanis warna Zesty Orange atau Platinum Grey sesuai pilihan warnanya.

Untuk pelek, C3 menggunakan ukuran 15 inci model V spoke palang 4 finishing dual tone, dibalut ban ukuran 195/65 R15. Sementara sistem rem mengandalkan cakram single piston di depan dan tromol di belakang, lalu suspensi depan mengaplikasikan model MacPherson di depan dan Twist Beam di belakang.

Walau ukurannya kompak, C3 dibekali roofrail yang mempercantik tampilannya, serta desain lampu stoplamp mengkotak, dan masih mengandalkan lampu halogen.

Baca Juga : Goodyear Rilis Ban Kosep Eagle Go Untuk Citroen Oli

Soal jantung pacu, C3 dibekali mesin 3 silinder naturally aspirated, berkapasitas 1.198 cc dengan keluaran tenaga 82 dk pada 5.750 rpm dan torsi maksimal 115 Nm pada 3.750 rpm. Disambung ke transmisi manual 5 percepatan saja, tanpa opsi transmisi otomatis dan disalurkan ke roda depan. Tangki bensinnya pun bisa menampung hingga 30 liter BBM dan konsumsi BBM diklaim dapat menyentuh 19,8 kpl.

Masuk ke kabin, mobil ini punya nuansa perpaduan hitam dan abu-abu, serta pilihan warna dasbor Anodized Grey atau Anodized Orange. Panel-panel plastik keras digunakan sebagai bahan utama di kabin, sementara jok menggunakan bahan fabric dengan jahitan berwarna orange.

Di bagian doortrim, terdapat power window hanya untuk jendela bagian depan, namun pengaturan spion masih menggunakan model tuas secara manual. Sementara power window belakang justru ditempatkan di bagian konsol tengah, belakang tuas rem tangan.

Model setir C3 juga sporty dan nyaman digenggam, serta ada fitur audio steering. Sementara spidometernya menggunakan model layar TFT kecil yang menampilkan beberapa informasi seperti kecepatan, odometer, bensin dan sebagainya.

Kelebihan utama C3 ada di bagian layar sentuh yang lebar sekitar 26 cm, dengan fitur Android Auto dan Apple Carplay sudah disematkan sebagai standar. Dipadukan speaker dan juga tweeter agar suara yang dihasilkan semakin jernih.

Di bawahnya pengaturan AC model putar lengkap dengan arah semburan, dan kecepatan angin. Lalu ruang penyimpanan pun cukup banyak, ada konsol untuk uang parkir, dan 2 buah cup holder.

Pengaturan posisi duduk juga cukup ergonomis, karena joknya ada pengaturan ketinggian walau headrest masih model fix, dan juga setir dapat diatur tilt namun belum teleskopik.

Sementara duduk di belakang, tidak usah khawatir sempit karena walau ukurannya kompak, untuk postur 170 cm masih tersedia ruang kepala dan kaki cukup lega. Serta ada 2 soket USB untuk pengisian daya baterai. Doortrimnya juga punya cup holder dan sandaran tangan.

Bagasinya pun besar dengan kapasitas 315 liter, sehingga muat banyak bawaan saat Sobat KabarOto belanja bulanan. Namun akses ke bagasinya cukup tinggi sehingga butuh sedikit tenaga untuk mengangkat barang, jika ingin meletakkan barang di bagasi. Serta ada kompartemen penutup demi menjaga privasi, yang berfungsi juga untuk meletakkan barang.

Soal harga, banderol New C3 mulai dari Rp 225 jutaan OTR Jakarta untuk warna single tone, dan Rp 231 jutaan untuk warna dual tone. Inden mobil ini diperkirakan hingga Maret – April 2023 karena masih CBU India.