POPULAR STORIES

Profil Energica Ego+, Motor Listrik Bertenaga Tinggi

Profil Energica Ego+, Motor Listrik Bertenaga Tinggi Energica Ego+ (foto : KabarOto/Rizky)

KabarOto.com – Motor listrik bertenega besar hadir di booth Utomocorp dalam ajang Perikilindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Energica merupakan salah satu merek asal Italia yang menjadi pemasok utama di MotoE hingga akhir musim ini. Ego+ merupakan salah satu motor listrik performa tinggi yang spesifikasinya mirip dengan motor ajang balap ramah lingkungan tersebut.

Baca juga: Profil NIU Gova-03 Café Racer

Secara tampilan, motor ini mengingatkan kepada Ducati. Lampu depan bulat berteknologi LED proyektor. Geser ke samping, bagian fairing terlihat tajam yang aerodinamis. Adapun, penggunaan model tangki yang cukup besar untuk memudahkan pengendara mudah memeluk saat memasuki tikungan.

Sasis tubular yang kekar juga turut dipamerkan untuk melindungi paket baterai yang cukup besar. Motor listrik ini juga masih memiliki konfigurasi kursi belakang yang cukup tipis. Bagian belakang, lampu belakang model pipih ini sudah LED berikut dengan braket pelat nomor lengkap dengan lampu sein.

Bagian kaki-kaki, suspensi depan upside-down (USD) berdiameter 43 mm dari Marzocchi yang dapat diatur, sementara belakang suspensi monoshock dari Bitubo yang dapat diatur.

Pelek model multipalang 17 inci ini dibalut ban Pirelli Diablo Rosso III dengan ukuran 120/70 R17 untuk depan dan 180/55 R17 untuk belakang. Pelek ini disandingkan dengan cakram ganda depan floating ukuran 330 mm berkaliper radial Brembo empat piston. Sedangkan belakang, cakram 240 mm berkaliper Brembo dua piston. Rem tersebut sudah didukung sistem ABS Bosch.

Tampilan kokpit

Bicara soal performa, Energica EGO menggunakan EMCE Motor yang memiliki keluaran tenaga hingga 126 kW (169 dk) dengan torsi 215 Nm. Motor ini diklaim dapat berakselerasi 0-100 kpj tuntas dalam 2,8 detik.

Baca juga: Profil Rakata NX8, Motor Listrik Bergaya Naked Neo-Retro

Sistem penggerak tersebut didukung oleh paket baterai lithium polymer 21,5 kWh yang membuat motor ini dapat melaju sejauh 420 km. Untuk pengisian daya sendiri dapat mengisi hingga 80% dalam 40 menit saja jika menggunakan DC Fast Charging mode 4.

Soal dimensi, motor ini memiliki panjang 2,140 mm, lebar 870 mm dan tinggi 1,220 mm. Lalu, motor ini memiliki tinggi jok 795 mm dengan bobot mencapai 260 kg.

Soal harga, pihak Utomocorp menjual motor ini dengan harga Rp 1,2 miliar. Harga tersebut membuat Energica Ego+ menjadi motor listrik termahal di Indonesia.