POPULAR STORIES

Profil Genesis G80 Electrified SWB

Profil Genesis G80 Electrified SWB Foto : Deddy KabarOto.

KabarOto.com - Kali ini KabarOto akan membahas mobil yang digunakan KTT G20 beberapa waktu lalu, yakni Genesis G80 SWB (Short Wheel Base). Penasaran seperti apa? Yuk kita bahas.

Dari bagian eksterior, semua desain mobil ditangani oleh Chief Creative Officer of Hyundai Motor Group and Genesis, Luc Donckerwolke yang juga berpengalaman mendesain mobil seperti Lamborghini Diablo, hingga Gallardo. Oleh karenanya tidak diragukan lagi soal desain mewah dan futuristiknya.

Genesis G80 punya dimensi panjang 5.005 mm, lebar 1.925 mm, tinggi 1.475 mm, dan wheelbase 3.010 mm. Karakter khas bisa dilihat di bagian lampu utama yang terbagi dua, mengandalkan teknologi proyektor LED. Lalu desain gril juga unik, tanpa lubang dan bermotif wajik warna abu-abu. Begitu pula di bagian bawah hanya terdapat aksen krom sebagai pemanis, mengelilingi seluruh bodi.

Baca Juga : Hyundai Ioniq 5 Disney100 Platinum Nuansa Atraktif

Lanjut ke sisi samping, lampu sein yang terbagi dua bagian juga masing diterapkan di fender depan. Lalu peleknya menggunakan ukuran 19 inci model multi palang finishing gun metal, berbalut ban Michelin Pilot Sport ukuran 245/45 R19 dan belakang 275/40 R19. Sementara sistem rem depan sudah regenerative, dengan cakram belakang. Lalu suspensinya model multi-link baik di depan dan belakang.

Beralih ke belakang, desain juga masih sederhana dengan detil seperti ducktail kecil di bagian pintu bagasi. Emblem Genesis di tengah, serta lagi-lagi stoplamp LED Bar model terpisah senada headlamp.

Untuk motor listriknya, memiliki tenaga sekitar 369 dk dan torsinya 700 Nm. Dengan kapasitas baterai 82,7 kWh, dan penggerak e-AWD, mobil ini mampu menempuh jarak sekitar 427 km dalam sekali mengecas, dan akselerasi 0-100 kpj dalam 4,9 detik.

Baca Juga : Hyundai Ioniq 6 Borong Tiga Penghargaan Di World Car Awards 2023

Masuk ke kabinnya, kita disuguhkan ornamen kombinasi kulit hitam, dan abu-abu, dengan campuran trim kayu dan aluminium. Semuanya sudah sangat praktis di mobil ini, mulai dari jok elektrik dengan memory seat dan pendingin untuk bagian depan, pengaturan setir juga elektrik, layar digital spidometer 12,3 inci, hingga layar media di tengah lebar ukuran 14,5 inci berikut speaker Lexicon 17 titik demi memanjakan setiap penumpang.

Tampilan kabin lebih mewah karena adanya lampu iluminasi, serta desain panel AC digital yang mewah. Lalu bagian panel tengah berfungsi sebagai pengatur layaknya iDrive di BMW, knob transmisi model putar tampak seperti kristal, tombol parkir elektrik, ruang penyimpanan tertutup hingga drive mode. Serta jika butuh privasi lebih, ada krey penutup di kelima jendela.

Beralih ke belakang, tidak ada komplain sama sekali untuk penumpang tinggi badan 170 cm, ruang kaki dan kepala terasa lega dan eksklusif, tidak heran mobil ini dipercaya membawa para pejabat luar negeri. Jok baris kedua bisa untuk dua hingga tiga orang dewasa, dengan sandaran tangan tengah bisa digunakan untuk ruang penyimpanan tertutup, atau remot pengontrol layar media 9,2 inci di balik sandaran kepala jok depan.

Kelengkapan lain adalah AC sudah dual zone, dan soket pengisian smartphone, sehingga tidak perlu bergantian saat ingin menggunakannya. Jika kalian bertanya kenapa mobil hampir Rp 3 miliar ini tidak punya sunroof, karena atap beralih fungsi sebagai solar panel ya Sob.

Soal bagasi mobil ini sudah punya sensor di bagian kaki, dan kapasitasnya sekitar 424 liter. Metode penutup juga power back door, sehingga para sultan tidak perlu repot-repot membanting pintu.

Fitur keselamatan pun sudah sangat komplet, mulai dari bantuan pengereman, airbag 10 titik, rem ABS dan EBD, Blind Spot Monitoring, kamera 360, High Beam Assist, Lane Depature Warning, Tire Pressure Monitoring, Rear Cross-Traffic Collision, hingga Driver Attention Warning dan sebagainya sudah jadi standar di mobil ini.

Soal harga, unit Genesis G80 SWB 2022 di Baruna Motor ini dibanderol sekitar Rp 2,9 miliaran dengan catatan odometer sekitar 248 km.