Profil Hino Dutro 300 Series

Profil Hino Dutro 300 Series Hino Dutro 300 Series (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Hino Dutro atau 300 Series yang merupakan light duty truck sudah menggunakan mesin standar Euro 4. Selain ramah lingkungan, truk ini juga diklaim memiliki performa mumpuni.

Andalan Hino di segmen light duty truck ini memiliki pilihan 4 dan 6 roda, dengan model truk kargo, dump dan mixer. Hino Dutro menjadi salah satu solusi untuk untuk mengangkut banyak barang untuk medan yang sempit, karena truk ini mudah bermanuver di jalan sempit.

Versi 6 roda, 2 di depan dan 4 di belakang

Eksterior Hino Dutro hadir memiliki desain gril depan dan cover atas lampu yang menyatu dan lebih stylish, serta bumper depan yang dirancang menyesuaikan posisi fog lamp sehingga lebih dinamis. Selain itu, ada juga penambahan cover spion pada dudukan kaca spion untuk mencegah pencurian.

Area kabin dan dasbor, door trim dan kursi menggunakan warna coklat untuk memberi kesan mewah, nyaman dan modern.

Baca juga : PO Pandawa 87 Rilis Bus Baru, Gunakan Hino RM 280 Berbodi Skylander R22 SHD

Desain area kabin sederhana, didominasi warna coklat

Hino Dutro sendiri memiliki sasis yang diklaim lebih tangguh, karena memiliki sasis tanpa sambungan, terdapat keling penguat diatas frame dan profil sasis tebal.

Dari segi performa, Hino Dutro menggunakan mesin Euro 4 dengan dua jenis berbeda, pertama mesin berkode N04C-WV berkapasitas 4.009 cc bertenaga 113 dk, mesin kedua berkode N04C-WY bertenaga 134 dk. Mesin tersebut dipadukan dengan dua tipe transmisi, yakni RE50 lima percepatan dan RE61 enam percepatan.

Sasis tanpa sambungan, terdapat keling penguat diatas frame

Berbagai fitur canggih tetap disematkan pada kendaraan Hino Euro4. Mulai dari sasis yang kuat teruji di lapangan, gross vehicle weight (GVW) lebih optimal, sistem pengereman reponsif menggunakan full air brake dan ABS, hingga sistem bahan bakar dengan mekanisme 3x penyaringan bahan bakar dan injector dengan full Diamond Like Carbon (DLC) untuk meningkatkan ketahanan aus.

Sebagai informasi, untuk pengembangan kendaraan Euro4 ini, Hino tetap berkomitmen mempertahankan DNA Hino yaitu Quality Durability Reliability atau QDR. Line up produk yang sudah dibekali mesin Euro 4 adalah light-duty truck Hino Dutro, medium-duty truck Hino Ranger, heavy-duty truck Hino Profia dan Hino Bus.

Pilihan mesin berkode N04C-WV berkapasitas 4.009 cc bertenaga 113 dk, mesin kedua berkode N04C-WY bertenaga 134 dk.

Baca juga : PO Sumex 97 Rilis Bus Pariwisata Baru, Menggunakan Basis Hino R260

Untuk mendukung kinerja mesin Euro 4, Hino juga meningkatkan sasis yang lebih kuat, gross vehicle weight (GVW) yang lebih optimal, sistem pengereman yang reponsif menggunakan full air brake dan ABS, hingga sistem bahan bakar dengan mekanisme 3x penyaringan bahan bakar dan injector dengan full Diamond Like Carbon (DLC) untuk meningkatkan ketahanan aus.

Area dasbor sederhana, warna coklat kombinasi hitam

Mesin common rail Hino sudah dilengkapi Diesel Oxidation Catalyst (DOC) untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO), dan Hidrokarbon (HC) selain itu terdapat Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk menurunkan kadar emisi gas buang NOx, dan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk model tertentu.

Selain itu, Mesin common rail Hino Euro4 juga memiliki Variable Nozzle Turbo (VNT) untuk meningkatkan suplai udara ke ruang bakar untuk menghasilkan tenaga secara responsif, serta ECU generasi terbaru yang telah terintegrasi dengan EDU.

Berita Terkait

Berita Terkait