Profil Kia Seltos CRDi

Profil Kia Seltos CRDi Foto : Kipli & Rizky (KabarOto)

KabarOto.com – PT Kreta Indo Artha (KIA) memboyong jajaran model terbarunya termasuk KIA Seltos CRDi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Pihak pabrikan membawa Kia Seltos bermesin diesel ini untuk melengkapi varian SUV kompak mereka yang memulai debutnya awal tahun lalu. Dengan hadirnya pilihan mesin baru ini, membuat pabrikan asal Korea Selatan tersebut ingin terus berkembang di pasar Tanah Air.

“Keikutsertaan kami untuk pertama kalinya di GIIAS 2021 ini, untuk menegaskan komitmen Indomobil bagi Kia untuk terus menyediakan lebih banyak pilihan dan varian baru untuk konsumen,” ungkap Ario Soerjo selaku Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha.

Baca Juga : Profil KIA Grand Carnival Premiere

Secara tampilan, SUV kompak ini masih mengusung desain khas Kia gril Tiger Nose yang besar dengan aksen krom. Gril ini menyambung hingga ke bagian lampu utama yang berteknologi LED multireflektor begitu pula untuk DRL dan lampu sein sudah LED. Menilik bagian bumper terlihat simpel nan sporty dengan underguard silver dipermanis lampu kabut LED proyektor.

Melihat bagian samping, ada aksen add-on body berwarna plastik hitam yang menyambung dari bumper depan hingga belakang. Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan MacPherson Strut dan belakang Coupled Torsion Beam Axle. Lalu, penggunaan pelek multipalang ukuran 17 inci dengan finishing two-tone polish. Pelek ini dibalut ban Goodyear Assurance berukuran 215/60 R17.

Adapun bagian belakang, terdapat lampu yang bentuknya sangat modern dengan detail LED garis untuk lampu senja dan rem. Sementara untuk lampu sein dan mundur masih bohlam biasa. Lampu ini tersambung ke garis krom yang cukup tebal berlogo Kia kekinian. Bagian bumper ada finishing hitam plastik berpadu underguard silver serta aksen ala-ala knalpot.

Masuk ke interior, boleh dibilang interior menjadi salah satu bagian paling menarik. Pasalnya, model dasbor ini layaknya mobil Eropa yang memancarkan aura modern dan elegan. Bagian jok sudah dilapis kulit bermotif anyaman bambu. Kesan elegan juga hadir berkat penggunaan sunroof di bagian depan.

Baca Juga : Kia Sonet Modifikasi Di GIIAS 2021, Karya Autospot Dan Concept Motorsport

Roda kemudi Seltos terlihat sporty dengan model 3-spoke flat bottom ini sudah dilapis kulit. Lingkar kemudi tersebut memiliki pengaturan tilt dan teleskopik. Tidak lupa, terdapat tombol pengaturan audio dan cruise control. Di belakang kemudi, terdapat layar TFT LCD Supervision 7 inci yang menampilkan berbagai informasi.

Tengah dasbor sobat KabarOto akan menjumpai head unit model floating 8 inci. Bila melihat spesifikasinya memiliki beberapa fitur seperti USB, Rear View Monitor dan sudah support Apple CarPlay & Android Auto. Di bawahnya, terdapat panel AC digital yang dapat mengatur suhu udara secara individual. Kia juga membekali fitur Wireless Charging USD dan outlet DC 12V.

Masuk baris kedua, penumpang akan disuguhkan ruang kepala dan kaki yang cukup lega. Serta, terdapat 4 cupholder, 2 di panel pintu dan 2 bagian arm rest. Lalu, terdapat ventilasi AC di bagian konsol tengah beserta USB slot untuk charging. Guna mengakomodir penyimpanan barang-barang, Kia Seltos dibekali volume bagasi yang cukup luas, yakni 433 liter. Jika kurang luas, Sobat bisa melipat baris kedua hingga rata lantai.

Bicara soal dimensi, SUV kompak ini memiliki (PxLxT) 4.315 mm, 1.800 mm, dan 1.645 mm. Sementara, untuk wheelbase sekitar 2.610 mm dengan bobot bersih sekitar 1,337 kg.

Baca Juga : Ini Alasan Kia Grand Carnival Pertahankan Tipe Bodi Lawasnya

Tampilan mesin Seltos CRDi

Bicara soal performa, Kia Seltos CRDi ini dibekali mesin U2 E-Variable Geometry Turbo (E-VGT) berkapasitas 1.493 cc yang mampu menghasilkan tenaga 115 dk di 4.000 rpm dengan torsi 250 Nm di 1.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

Untuk varian mesin CRDi ini sudah dibekali 6 Airbags, Electronic Stability Control & Hill Assist Control, Parking Assist, rem ABS, Brake Force Assist, Traction Control System.

Pihak pabrikan menyediakan lima pilihan warna yakni Aurora Black Pearl, Glacier White Pearl, Punchy Orange, Intense Red dan Steel Driver. Bicara soal harga, untuk varian diesel ini dibanderol dengan Rp 389 juta.