POPULAR STORIES

Profil Lexus RZ 450e

Profil Lexus RZ 450e Foto : Deddy KabarOto / Lexus.

KabarOto.com - Lexus Indonesia baru saja mengenalkan varian BEV atau Battery Electric Vehicle terbarunya, yakni Lexus RZ 450e. Sayangnya mobil ini baru sekadar perkenalan di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, unitnya belum dijual resmi. Namun bagaimana spesifikasi dari mobil ini? Yuk kita bahas.

Pertama dari dimensi, RZ memiliki ukuran panjang sekitar 4.805 mm, lebar 1.895 mm, tinggi 1.635 mm, dan wheelbase 2.850 mm, ukurannya tidak terlalu jauh dari Toyota bZ4X.

Dari segi tampilan, Lexus telah menerapkan bahasa spindle body, sekarang gril depan bentuknya seperti jam pasir, tampak menyatu dengan bumper, karena memang mobil ini tidak membutuhkan asupan udara pendinginan.

Baca juga: Galeri Toyota RAV4 GR Sport Plug In Hybrid EV

Lalu setiap tarikan garis juga diperhitungkan secara matang, agar setiap lekukan memberikan efek dinamis, sehingga tidak ada lekukan sia-sia. Tampilan semakin futuristik dan sporty berkat headlamp, dan stoplamp, memiliki desain sudut tajam, serta menggunakan teknologi LED bar.

Tidak hanya itu, bagian belakang RZ cukup unik, sebab spoiler-nya mirip seperti dua buah tanduk, dipercantik dengan detil semacam ducktail di bawah jendela belakang.

Untuk peleknya menggunakan model multi palang, finishing gun metal yang terlihat sangat mewah. Dibalut ban Dunlop Sport Maxx ukuran 235/50 R20 di depan, dan 255/35 R20 di belakang.

Memiliki dua motor listrik, untuk bagian depan menghasilkan tenaga 201 dk dan torsinya 265 Nm, sedangkan di belakang 107 dk dan torsi 170 Nm, sehingga total tenaganya sekitar 308 dk dan torsi 435 Nm.

Dibekali baterai 71,4 kWh, kapasitasnya mampu membawa mobil hingga 450 km. Sistem penggeraknya AWD, dengan sistem Direct4 sehingga bisa mengatur perbandingan torsi baik di depan dan belakang, ketika dibutuhkan. Sehingga akselerasi 0-100 kpj tuntas dalam waktu sekitar 5 detik saja.

Waktu pengisian mobil ini juga cukup singkat, jika menggunakan pengisian cepat arus DC itu 0-100% hanya butuh 1 jam kurang. Sementara jika mengisi dengan arus AC atau di rumah sekitar 10 jam.

Foto : Lexus.

Mengintip bagian kabin, kesannya ringkas namun mewah. Mulai dari jok dibalut bahan ultrasuede untuk menghindari penggunaan bahan kulit, sehingga lebih ramah lingkungan.

Lalu pengaturan jok dan setir semuanya sudah elektrik, sehingga sangat ergonomis. Di setirnya juga sudah ada tombol untuk audio steering, serta cruise control di mana jika kita tekan saja, maka tampilannya akan muncul di head up display. Tidak lupa kita bisa menggunakan paddle shift di mobil ini.

Baca juga: Inden Toyota Innova Zenix Hybrid Sampai Setahun, Corolla Cross Hybrid EV Bisa Jadi Pilihan

Layar spidometer sudah menggunakan TFT ukuran 12,3 inci. Sementara entertainment memiliki ukuran besar 14 inci, di mana layar ini bukan hanya untuk mengatur media saja, yang bisa integrasi Android Auto dan Apple Carplay, melainkan bisa untuk pengaturan AC, driving assist hingga mode berkendara. Tidak hanya itu, tatanan suara pun dikeluarkan oleh speaker racikan Mark Levinson.

Bagian panel tengah ada tempat untuk melakukan pengisian wireless, lalu dua buah cup holder, panel perpindahan transmisi model putar, serta rem parkir elektrik dan auto hold. Salah satu menarik perhatian adanya dua buah sunroof yang memberikan kesan lega di bagian kabinnya.

Di belakang cukup untuk tiga orang dewasa, dengan armrest di dengah berikut dua cup holder. Terdapat ventilasi AC untuk baris kedua, serta dua slot pengisian USB Type C, berikut fitur pemanas jok belakang.

Soal keselamatan juga sudah sangat mumpuni, karena dibekali rem ABS dan EBD, kamera 360, hingga LSS+ 3.0, meliputi Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Emergency Driving Stop System, Lane Departure Alert, dan lainnya. Soal harga Lexus belum mau memberikan bocorannya.