Profil - Mazda3

Profil - Mazda3

KabarOto.com - Pasar mobil kelas medium hatchback di Indonesia sebenarnya kurang ramai, dikarenakan segmen ini bisa dikatakan kurang pas untuk pasar Indonesia. Mayoritasnya lebih memilih untuk membeli model sedannya ketimbang hatchback. Di Indonesia, pihak Mazda3 hadir untuk bersaing dengan medium hatchback lainnya seperti Honda Civic hatchback.

Dan untuk dapat bersaing dikelas ini Mazda pun mempersenjatai mobil ini dengan Eksterior dan Interior yang terbilang cukup keren dikelasnya, apa saja yang diberikan, mari kita bahas satu persatu.

Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 432,3 juta dan Rp 458,3 juta untuk varian Speed, untuk warna abu-abu dan merah ada tambahan harga Rp 4 juta.

Baca juga: Cuma 2 Unit, Mazda MX-5 30th Anniversary Edition Dipastikan Bakal Masuk Indonesia

Eksterior

Dibagian eksteriornya, Mazda3 ini memiliki bentuk yang lebih memanjang dan bentuk membulat terlihat elegan. Lampu depan seperti seragam dengan model Mazda lainnya seperti dilengkapi dengan DRL dan lampu utama full LED. Untuk lampu sein dan fog lamp ditempatkan dibagian bawah dekat dengan fog lamp yang juga sudah menggunakan teknologi LED. Grill besar khas kodo desain terkini yang menyambung dengan lampu utamanya.

Bagian melandai pada atap bagian belakang, menguatkan kesan sport, tetapi dengan garis desain yang kuat menambah kesan dinamis pada mobil yang memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.795 mm, dan lebar 1.465. Bagian handle pintu menggunakan warna yang sama dengan bagian bodi, dan beberapa bagian menggunakan aksen krom agar warna mobil tidak terlalu mendominasi.

Bagian belakang berdesain yang menyerupai Mazda2, lampu belakang LED menyipit. Tak ketinggalan 4 sensor parkir, knalpot dengan mufler ganda, shark fin antena, dan peleknya menggunakan ukuran 18" dengan ban 215/45.

Interior

Masuk kedalam interiornya, aura khas mobil mazda terkini dengan bentuk speedometer, layar MZD connect, pengontrol head unit yang diletakkan dibagian tengah. Seluruh bagian jok dibungkus dengan menggunakan bahan kulit dengan nuansa hitam dan cokelat gelap.

Duduk dikursi kemudinya pun terasa sangat pas dan ergonomis berkat pengaturan jok yang sangat detail, duduk dibagian belakangnya pun terbilang cukup lapang berkat panjang sumbu rodanya yang mencapai 2.700 mm.

Desain dasbor modern, penempatan beberapa tombol yang mudah dijangkau oleh pengemudi. Sementara pengaturan a/c yang sudah otomatis dengan dipadukan bahan softouch, dan hard plastik. Untuk laci penyimpanan yang disediakan pun cukup berlimpah seperti di dashboard yang cukup luas, doortrim dan konsol tengah.

Baca juga: Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, Mobil Kepresidenan Jokowi Warisan dari SBY

Mesin

Mobil ini memiliki mesin berteknologi skyactive-G 2.000 cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 163 dk dan torsi 210 Nm, untuk transmisinya menggunakan model otomatis dengan 6 percepatan. Walaupun mobil ini menggunakan mesin 2.000 cc tetapi tenaga yang dikeluarkan cukup fantastis walaupun masih menggunakan mesin tanpa suntikan turbo.

Fitur

Mazda3 menggendong segudang fitur canggih seperti ABS, EBD, BA, 6 buah airbags, sensor parkir depan belakang, rem parkir elektrik, Cruise Control, Keyless Start, Smart Keyless, Navigation System, Traction Control System (TCS), Dynamic Stability Control (DSC), Coming Home Light System, Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Smart City Brake Support [Forward] (SCBS F), Drive Selection Switch, Electric Parking Brake (EPB).

Dengan harga yang cukup murah ketimbang Civic Hatchback, mobil ini tetap memiliki fitur yang berlimpah, walupun memiliki tenaga yang tidak begitu besar. Jika sobat KabarOto menginginkan varian yang lebih sporty, Mazda pun menyediakan tipe Speed dengan perbedaan di pelek, dan body kit. (Leonardus Rianto)