POPULAR STORIES

Profil Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line

Profil Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com - Sedang mencari kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) mewah dengan budget sekitar Rp 2 miliaran, Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD bisa masuk daftar pilihan yang menarik.

Mobil ini memang sudah hadir dari 2020 lalu, namun desain khas yang mewah dari Mercedes-Benz modern masih belum luntur. Tarikan garis desainnya membuat kesan gagah dan elegan.

Dimensinya memiliki panjang 5.213 mm, lebar 2.157 mm dan tinggi 1.823 mm. Berat total mobil ini mencapai 2.618 kg, dan mampu mengangkut bobot hingga 612 kg.

Desain lampu utama sudah menggunakan teknologi Multibeam LED sehingga penerangannya maksimal, dipadukan garis DRL LED seperti alis membuatnya terkesan mewah. Ukuran grilnya besar dengan aksen abu-abu di tengahnya.

Baca juga: Fitur MBUX Di Mercedes-Benz Tidak Bisa Mengatur Sisi Mekanis, Ini Alasannya

Sementara lekukan bumper seperti kebanyakan mobil Eropa, tidak banyak lekukan agresif, tanpa perlu tambahan foglamp. Hanya dipermanis aksen abu-abu panjang, serta under guard di bagian bawah.

Dari sisi samping, kesan SUV pun semakin kental. Mulai dari bagian roof rail warna abu-abu, serta ada footstep aluminium dengan karet agar tidak licin. Dipasangkan pelek palang lima finishing dual tone, ukuran 21 inci, dibalut ban Continental SportContact 6 ukuran belang 275/45 R21 di depan, dan 315/40 R21.

Rem menggunakan model cakram ventilasi di depan dan cakram solid di belakang, kemudian suspensi depan menganut model double wishbone dan belakang multi link dengan sistem suspensi udara Airmatic dan sistem peredam adaptif ADS PLUS.

Bagian belakang juga tampak sederhana, namun mewah. Mulai dari desain spoiler yang tidak terlalu besar, model stop lamp full LED, serta desain bumper belakang tampak seperti diffuser dan finishing dual muffler.

Mesin Mercedes-Benz berkode M256 / Dok : Mercedes-Benz Media

Jantung mekanis mobil ini dibekali mesin 6 silinder mild hybrid EQ Boost berkapasitas 2.999 cc, memiliki tenaga 367 dk pada 5.500 - 6.100 rpm, dan torsi maksimal 500 Nm 1.600 - 6.500 rpm. Disambung ke transmisi 9G-Tronic ke penggerak AWD 4 Matic.

Baca juga: Bengkel Bodi Resmi Mercedes-Benz Tidak Sembarangan, Ada Tingkatannya

Lalu performanya pun sangat cepat walau bodinya bongsor, akselerasi 0-100 kpj hanya butuh 6,2 detik. Sementara kecepatan maksimal dibatasi 247 kpj saja.

Masuk ke kabin, kita akan disambut sill plate menyala 'Mercedes-Benz' dan pedal sport aluminium. Lalu aura mewah di kabin dilengkapi dengan perpaduan warna hitam dan abu-abu, berikut aksen kayu dan alumunium di sekeliling kabin. Balutan kulit juga membungkus seperti jok, setir, door trim, hingga panel tengah, dengan jahitan putih. Serta ambient light dapat dikustomisasi menghiasi hampir seluruh bagian mobil.

Pengaturan jok semuanya sudah elektrik depan dan belakang dengan 3 slot memory seat. Lalu baik jendela dan spion semua dapat diatur secara fleksibel. Setir juga lengkap berikut fitur audio steering dan cruise control berikut paddle shift, dan tuas transmisi ada di sisi kanan.

Uniknya ada 2 layar besar berukuran 31.2 inci berfungsi sebagai sistem infotainment dan media, yang bisa diatur melalui setir atau trackpad di tengah. Medianya telah terintegrasi Android Auto dan Apple CarPlay dan disematkan 13 speaker Burmester surround sound system dan amplifier demi menjamin kualitas suaranya.

Lalu fitur Mercedes-Benz User Experience (MBUX) permudah fungsi pengaturan media selama berkendara dengan akses mengatakan 'Hey Mercedes'. Panel AC juga mudah model fisik aluminium yang mewah, dengan fitur cup holder pendingin atau pemanas di bawahnya. Serta di panel tengah ada tombol pengatur airsus-nya, dan ruang penyimpanan.

Di belakang tidak kalah mewah, terdapat panoramic sunroof ukuran besar. Lalu di belakang pun sudah dibekali jok elektrik, serta AC dual zone sehingga kenyamanan penumpang maksimal, di tengah pun disematkan armrest yang punya slot untuk tablet, ditambah adanya sunshade sebagai tambahan privasi.

Beralih ke baris ketiga pun cukup nyaman walau agak sempit untuk postur 170 cm. Namun ruang bagasinya sangat besar mencapai 2.400 liter sehingga tidak perlu khawatir barang bawaan tidak muat.

Fitur keselamatannya pun komplet, mulai dari airbag di beberapa titik, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) Brake Assist (BA), Tyre Pressure Monitoring System, Blind Spot Assist, dan kamera 360 telah jadi standar.

Kemudian harga OTR Jakarta mobil ini adalah Rp 2,725 miliaran. Bagaimana harga yang sebanding dengan fiturnya bukan?