Profil Mitch Evans, Pemenang Formula E Jakarta

Profil Mitch Evans, Pemenang Formula E Jakarta Mitch Evans (Foto: Instagram mitchevans)

KabarOto.com - Mitch Evans merupakan pembalap Formula E dari Jaguar TCS Racing. Ia berhasil memukau penonton Jakarta E Prix, di Jakarta International E-Prix (JIEC), Ancol, Jakarta Utara. Kelihaiannya mengendarai mobil listrik, mampu mengalahkan pembalap lainnya.

Namun, Jakarta bukan menjadi tempat satu-satunya ia meraih kemenangan. Berbagai event balap pernah diikuti, dan ia menjadi yang terbaik juga. Dilansir dari Fia Formula E, pembalap bernama lengkap Mitchell William Evans, lahir di Auckland, Selandia Baru pada 24 Juni 1994.

Baca juga: Usai Formula E, Pengguna Kendaraan Listrik Diprediksi Meningkat

Mitch Evans pembalap Formula E tim Jaguar (Foto: Instagram mitchevans)

Evans sudah menunjukkan bakat menjadi pemacu kecepatan kendaraan sejak usia dini. Dibuktikan dengan ikut serta dalam balap mobil Gokart pada usia 6 tahun.

Pembalap berusia 25 tahun ini, mendapat juara pertama pada ajang NZ Grand Prix, saat usianya 16 tahun. Ia berada di bawah asuhan pembalap veteran Mark Webber.

Ia juga sudah berlaga di ajang internasional, mengikuti kejuaraan GP3 tahun 2012 di bawah asuhan mentornya itu. Evans sendiri, pertama kali masuk ke balap mobil listrik bersama tim Panasonic Jaguar Racing pada 2016. Menjadi juara keempat di Meksiko.

Masih bersama Tim Jaguar, musim kedua tahun 2017/2018, pembalap berjuluk The Kiwi penampilannya semakin baik. Naik podium pertama di Hongkong dan pertandingan Julius Baer Pole Position di Zurich.

Mitch Evans, Pembalap asal selandia Baru (Foto: Antara)

Meski di sana ia tidak tampil gemilang, namun berhasil mengalahkan rekan setimnya Nelson Piquet Jr. Berada dua posisi di Nelson dan berada di nomor enam klasemen keseluruhan.

Masuk musim 2018/2019, dia masih tetap bersama skuad Jaguar. Mengendarai tim Gen2 Jaguar I-Type 3, mendapat kemenangan pertama bersama Jaguar di Formula E Roma.

Baca juga: Formula E Jakarta Sukses, Ketua IMI Beri Apresiasi Ke Penyelenggara

Jelang final, di New York City, Amerika Serikat, bersama delapan pembalap lain untuk perebutkan juara, harapannya harus kandas, ia bertabrakan dengan Lucas di Grassi (Audi) dan berakhir menempati posisi lima.

Pada Formula E 2019/2020 mengendarai Jaguar I-Type 4, Evans berhasil podium di Santiago dan di Mexico City, meskipun ia mengalami kecelakaan saat kualifikasi, namun mampu menyelesaikan balapan di posisi keenam.

Akhir pekan lalu, Evans datang ke Jakarta untuk menjalani balapan Jakarta E Prix, ia berhasil kecepatan maksimal dengan mobil listrik Jaguar. Hingga akhirnya, menempati posisi pertama dan naik podium sebagai juara di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.