Profil Motor KTM RC16, Jawara MotoGP Ceko 2020

Profil Motor KTM RC16, Jawara MotoGP Ceko 2020 Foto: istimewa

KabarOto.com – Sejak pertama kali gabung di ajang MotoGP pada tahun 2017, Tim Red Bull KTM pecah telur dengan menjadi pemenang MotoGP Ceko 2020 yang berlangsung di sirkuit Brno.

Brad Binder menjadi pembalap asal Afrika Selatan pertama yang berhasil menorehkan tinta emas bersama Tim Red Bull KTM dengan motor KTM RC16.

Setelah bergabung dengan MotoGP beberapa tahun lalu, KTM RC16 telah mendapatkan beberapa kali penyempurnaan.

Mulai dari fairing hingga mekanikalnya ditingkatkan menjadi lebih baik. Jenis fairing yang digunakan lebih menonjol dibandingkan dengan model sebelumnya. Hasilnya, distribusi udara di depan menjadi lebih besar, lebih oval dan lebih sentral.

Baca Juga : Nissan GT-R 2023 Bakal Usung Mesin Hybrid?

Foto: istimewa

KTM RC16 dipersenjatai mesin V4 1.000cc empat silinder dengan konfigurasi mesin berbentuk V. Mesin tersebut dikawinkan bertransmisi seamless shift yang mampu menghasilkan tenaga lebih dari 265 daya kuda. Kecepatan maksimal lebih dari 340 km/jam.

Motor balap ini memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 22 liter. Sistem pembuangan hasil pembakaran mesin disalurkan lewat knalpot Akrapovic.

Soal stabilitas, KTM RC16 menggunakan sasis baja, swingarm carbon fibre, dan suspensi depan belakang buatan WP Suspension. Secara keseluruhan berat motor ini adalah 157 kg.

Baca juga: Hasil MotoGP Ceko 2020: Kemenangan Pertama Brad Binder dan KTM

Motor jagoan MotoGP Ceko ini menggunakan rem Brembo berkaliper alumunium dan cakram carbon. Serta pelek forged magnesium 17 inci dibalut ban Michelin yang menjadi pemasok ban utama di kelas MotoGP.

Soal fitur, KTM RC16 dibekali sistem elektronik dari Magneti Marelli berupa Drive-by-Wire, Engine Braking, Quickshifter, Traction Control, Wheelie Control, Pit Lane Limiter, dan Launch Control.

Sebagai informasi, sebelum melaju di balapan MotoGP. Dani Pedrosa dan Mika Kallio digandeng oleh KTM sebagai pembalap penguji KTM RC16. Ditunggu Sepak terjangnya di sirkuit Austria pada 16 Agustus mendatang!