Profil SAG 12 Meters Electric City Car Bus, Calon Armada Listrik Transjakarta

Profil SAG 12 Meters Electric City Car Bus, Calon Armada Listrik Transjakarta SAG 12 Meters Electric City Car Bus (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - PT Sinar Armada Globalindo, penyedia bus listrik SAG menghadirkan prototipe bernama 12 Meters Electric City Bus di Busworld Southeast Asia Ke-2.

SAG 12 Meters Electric City Car Bus merupakan moda transportasi perkotaan, karena bus listrik masih lebih ideal untuk transportasi perkotaan, bukan antar kota. Di mana, bus listrik ini memiliki kapasitas sekitar 59 penumpang.

Area dasbor dan pengemudi

"Bus listrik yang kami tampilkan ini merupakan prototipe dan baru saja selesai melakukan uji coba dengan Transjakarta," ujar Technical Director PT Sinar Armada Globalindo, Djoko Purwanto.

Baca Juga : PO Sumex 97 Rilis Bus Pariwisata Baru, Menggunakan Basis Hino R260

Sebagai informasi, Transjakarta akan menggunakan bus listrik sepenuhnya mulai tahun 2023.

Memiliki kapasitas 59 penumpang

"Uji coba yang dilakukan selama tiga bulan, nanti kami menunggu pemintaan dari Transjakarta membutuhkan berapa unit bus listrik ini," tambah Djoko saat ditemui Kabaroto, Rabu (5/10).

Soal harga, SAG 12 Meters Electric City Car Bus dibanderol sekitar Rp 5 miliaran. Di mana, desain eksterior dan interiornya sudah mengacu dengan spesifikasi dari bus Transjakarta.

Fascia depan bus listrik

Baca Juga : Mercedes-Benz Targetkan Jual Bus Listrik Di Indonesia Tahun 2023

SAG 12 Meters Electric City Car Bus memiliki klasifikasi 12 M E-Bus Low Enterance A/T yang mampu menjangkau jarak hingga 250 km. Sistem pengecasannya berkapasitas 200 kw. Di atas kertas pengisian 20%-100% membutuhkan waktu 60 menit.

Untuk performanya sendiri menggunakan motor listrik Prestolite (DANA TM4) tipe Permanent Magnet Synchronous Motor yang mampu menghasilkan tenaga 145 kw hingga 245 kw dan torsinya 1.100 Nm.

Tampilan belakang

Baterai yang digunakan adalah CATL, Lithium Ferro Phosphate 326 kWh. Baterai ini memiliki garansi selama 8 tahun.

SAG 12 Meters Electric City Car Bus menggunakan Air Suspension di depan dan belakang, ban 275/70 R22 tubeless, pengereman menggunakan disc brake di depan dan belakang dilengkapi sistem ABS.