POPULAR STORIES

Profil Subaru Crosstrek 2.0i-S Eyesight

Profil Subaru Crosstrek 2.0i-S Eyesight Subaru Crosstrek (foto : Rizky/KabarOto)

KabarOto.com – Pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, Subaru Indonesia secara resmi meluncurkan All New Subaru Crostrek.

Sebelumnya, Subaru mengeluarkan compact SUV dengan dua penamaan yang berbeda pada 12 tahun lalu yakni Subaru Crosstrek di Amerika dan Canada. Serta Subaru XV di belahan dunia lainnya. Mulai generasi ketiga ini Subaru menggunakan satu nama untuk pasar global yaitu Crosstrek.

Baca juga: Resmi Meluncur, Subaru Crosstrek Dibanderol Rp 549 Jutaan

Secara tampilan, mobil ini memiliki desain yang berubah total dari generasi sebelumnya dengan tampil lebih modern dan tangguh. Fascia depan menggunakan gril cukup besar dengan bentuk segi enam berwarna hitam doff. Lalu, penggunaan lampu model sipit dan tajam dibekali LED proyektor dengan DRL. Pada bagian bumper memiliki aksen hitam doff yang mempertegas kesan crossover, dilengkapi dengan foglamp LED multireflektor untuk membantu sistem penerangan.

Dari sisi samping, masih terlihat siluet desain dari generasi sebelumnya. Tetapi, kini tampil lebih gagah dengan penambahan aksen overfender berwarna hitam dof. Pelek model lima kipas berwarna dual-tone berukuran R18 ini dibalut ban Falken 225/55 R18.

Mobil ini memiliki desain lampu belakang dengan ciri khas desain Subaru kekinian dengan LED sayangnya untuk lampu sein dan mundur masih bohlam biasa. Pada bagian bumper terlihat gagah dengan diffuser berwarna silver lengkap dengan foglamp belakang.

Beralih ke interior, desain dasbor khas Subaru yang cukup simpel namun modern dengan headunit layar vertikal berukuran 11,6 inci ini dapat mengaturan driving mode, konsumsi BBM, navigasi, pengaturan AC dan sudah dilengkapi Android Auto dan Apple CarPlay.

Layar instrumen kluster menggunakan kombinasi jarum dan layar MID di tengah. Penggunaan setir model tiga palang ini sudah dilengkapi tombol audio steering switch dan cruise control, serta paddle shift di bagian belakang. Pada konsol tengah, terdapat dua slot USB type-c 3.0 dan usb type A 2.4 ampere fast charging. Serta terdapat dua cup holder. Dalam keadaan standar, jok sudah dibalut kulit dengan ISOFIX.

Baca juga: Deretan Mobil Baru Dipasarkan Di GJAW 2023

Soal fitur keselamatan, Crosstrek dibekali Subaru Eyesight yang meliputi Adaptive Cruise Control, Lane Centering Control and Preceding Vehicle Adaptive Steering Control, Pre-Collision Braking System, Autonomus Emergency Steering, Lane Departure Prevention, Pre-Collision Throttle Management, Lead Vehicle Start Alert, Reverse Automatic Braking, Hazard Avoidance, Subaru Rear Vehicle Detection, Steering Responsive Headlight, dan Airbag lima titik.

Subaru Crosstrek dibekali unit Boxer 4 silinder, DOHC FB20, berkapasitas 2.000 cc yang memiliki keluaran tenaga 152 dk dengan torsi 196,5 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda melalui sistem Symmetrical AWD melalui transmisi CVT 8 percepatan.

Untuk pasar Indonesia, mobil anyar ini hanya hadir dalam satu varian saja yaitu Crosstrek 2.0i-S EyeSight dengan delapan pilihan warna ini dibanderol sekitar Rp 549,5 juta OTR Jakarta.