Profil: Toyota GR 86

Profil: Toyota GR 86

KabarOto.com - Toyota GR 86 tahun 2022 yang diperkenalkan awal bulan Juni lalu cukup mencuri perhatian para penggemar sports car dunia. Memang tak banyak ubahan yang dilakukan, Tapi mobil yang diracik langsung oleh Gazoo Racing ini membuat penasaran seperti apa detailnya.

Kami pun mencoba mengumpulkan berbagai bahan sport coupe 2+2 tersebut sehingga antusiasme GR 86 mendapat informasi terbaik dari KabarOto. Pembukanya, diklaim lebih kaku dalam hal sasis, ada suguhan tambahan tenaga dan torsi, aerodinamika meningkat dan tatanan interior lebih segar.

Baca juga: Body Kit Toyota GR 86 Racikan Gazoo Racing

Gazoo Racing memastikan cara mengendarai GR 86 akan jauh berbeda karakternya. Hal tersebut berkat frame depan dan belakang kini lebih diperkuat. Penggunaan material alumunium di panel atap dan fender membuat bobot dikejar ringan 1.270 kg.

Kisi aliran udara di bagian depan juga telah disempurnakan agar mendukung kestabilan berkendara. Functional MATRIX “G Mesh” Grille menjadi fitur spesifik racikan GR. Lampu depan LED dibuat bersudut mampu mengurangi hambatan udara, dibantu spoiler samping membuat aliran udara tetap lancar.



Ada kisi di bumper depan dan rumah roda, memungkinkan udara yang berputar di ruang roda dan di dalam bumper bisa langsung terbuang.

Begitu juga dengan versi GR 86 Premium dihadirkan spoiler duckbill, tak sekadar membuat keren tampilan. Masih tetap mempertahankan siluet "hachi-roku" AE86 dari tahun 1980-an.



Mobil berkesan ceper, tapi tetap atletis berkat lekukan bagian pinggul. Tongkrongannya membuat punya daya lesat lebih agresif. Adapun mesin boxer empat silinder diletakkan di depan untuk menggerakan roda belakang.

Mesin mengalami peningkatan kapasitas silinder 20% dari 1.998 cc menjadi 2.387 cc. Sudah pasti suguhan tenaganya meningkat menjadi 228 dk pada 7.000 rpm dan torsi 249 Nm pada 3.700 rpm. Instalasi pipa knalpot juga telah disempurnakan agar kinerja mesin Toyota D-4S dual injection berkompresi 12,5:1 bisa diandalkan menjerit hingga 6.600 rpm.



Transmisi ada pilihan bagi penggemar GR86, yakni manual enam percepatan atau transmisi otomatis. Melaju 0-96 kpj bisa torehkan waktu 6,1 detik dari sebelumnya 7 detik bila menggunakan transmisi manual. Sedangkan versi otomatis dari 8 detik menjadi 6,6 detik.

Membicarakan transmisi manual yang digunakan, saat ini memakai viskositas lebih cair dan strut bearing di bagian kopling lebih berisi dan juga material gigi-gigi lebih kuat.



Sedangkan transmisi otomatis yang bisa dimainkan enam percepatan ada kontrol adaptif bisa mengimbangi pengereman dan operasional pedal gas. Secara otomatis gigi akan menyesuaikan agar tendangan mobil kian signifikan. Kapasitas torsi juga meningkat, karena adanya penambahan kepingan kopling.

Tak akan melintir selama pengendara mengaktifkan Torsen limited-slip untuk cengkeraman roda belakang. Menyesuaikan dengan kemampuan suspensi MacPherson di depan dan double wishbone di bagian belakang.



Perihal deselerasi, GR 86 sudah disiapkan cakram depan 1,6 inci dan cakram belakang 11,4 inci, semuanya berventilasi. Melibas tikungan makin gurih, ada Michelin Primacy HP profil 215/40 R17 membalut pelek alumunium 17 inci. Michelin Pilot Sport 4 berprofil 215/40 R18 juga sudah disiapkan untuk GR 86 Premium.

Meski terlihat siap tempur di aspal sirkuit, Toyota tak ingin melewatkan kenyamanan diberikan selama mengendarai GR 86. Ada layar Thin Film Transistor (TFT) berukuran 7 inci, saat dinyalakan ada sapaan pergerakan piston mesin boxer.



Ada tiga mode digital di instrumennya. Tampilan Normal, Sport, dan Track. Adapun mode Track akan menunjukkan posisi tingkat percepatannya, putaran mesin, temperatur air dan oli.

Kesan modern dan balap didapat dari panel instrumen LCD berbentuk horizontal dipermanis dengan warna silver. Balutan kulit dijumpai di lingkar kemudi, tuas rem juga berbalut kulit, serta rumah tuas transmisi.



Pengendara akan duduk di bucket seat, memastikan posisi tubuh tetap terjaga baik saat bermanuver. GR 86 ini juga fungsional bila memerlukan bagasi lebih luas, bisa melipat rata jok baris belakang.

Selama berkendara akan ditemani layar infotainmen berukuran 8 inci bisa dioperasikan secara sentuhan, dikombinasi enam speaker. Tapi bila ingin 8 speaker terpasang di GR 86 Premium. Bisa dikoneksikan via Bluetooth, butuhkan kabel bila ingin koneksi Apple CarPlay dan Android Auto. Ada dua lubang USB dan AUX.

Baca juga: Kenalan Singkat Dengan Toyota Gazoo Racing, Pengganti TRD?

Tak melupakan keamanan mobil ini adalah adanya Toyota Smart Key System di tiap pintu dengan Push Button Start dan alarm sistem anti pencurian. Toyota Star Safety System sudah ada Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRAC), Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Perihal dimensi keseluruhan, GR 86 punya panjang 4.265 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.310 mm. Jarak sumburoda 2.575 mm.