Kenalan Singkat Dengan Toyota Gazoo Racing, Pengganti TRD?

Kenalan Singkat Dengan Toyota Gazoo Racing, Pengganti TRD?

KabarOto.com – Toyota Gazoo Racing, nama itu mulai terdengar familiar sekitar tahun 2015 lalu. Merupakan divisi motorsport dari Toyota yang dikembangkan langsung oleh Presiden Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda.

Toyota sendiri sudah berpengalaman lebih dari 60 tahun di bidang hampir seluruh bidang motorsport, sebut saja WRC, LeMans 24 Hours, hingga reli Dakar. Nama Gazoo dipilih sendiri oleh Akio Toyota untuk memisahkan tim resmi Toyota dan tim tempat menyalurkan hobi balapnya. Tidak ada arti khusus dari Gazoo, hanya ungkapan bahagia seperti Yahoo saat sang Presiden berada di balik kemudi.

Baca juga: Toyota Gazoo Racing Perkenalkan GR010 HYBRID Hypercar

Sejalan dengan konsepnya “Roads Build People and Cars”, Toyota menyempurnakan setiap aspek dari mobil produksi mereka ke tahap selanjutnya dari pengalaman dan teknologi yang mereka pelajari lewat balap, semuanya untuk membuat mobil lebih baik.

Lalu bagaimana dengan TRD, apakah GR akan menggantikan TRD yang sudah eksis selama lebih dari 40 tahun? Jawabannya tidak. Hal ini sempat dijelaskan oleh Group Vice President of Marketing Toyota Amerika Serikat, Ed Laukes. “Pada akhirnya TRD dan GR bisa sama-sama ada, TRD punya garis keturunan yang panjang dengan truk-truk yang kami jual. Dan konsumen di Amerika sendiri suka merek TRD dan memiliki sejumlah warisan di Amerika Utara,” ujarnya.

Baca juga: Ini Asal Muasal Penamaan Toyota Gazoo Racing

Hal ini juga dipertegas adanya Toyota GR Supra dengan paket upgrade dari TRD yang diperkenalkan beberapa waktu lalu. Karena GR bertujuan menawarkan mobil-mobil dengan pengembangan menyeluruh, sementara TRD menambahkan seperti beberapa aksesori. Sama seperti varian TRD Sportivo di Indonesia.