Profil Toyota New Fortuner 2020

Profil Toyota New Fortuner 2020

KabarOto.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) hari Kamis kemarin (15/10) resmi meluncurkan dua model terbarunya yakni New Kijang Innova dan New Fortuner. Alasan TAM meluncurkan New Fortuner karena periode Januari hingga Agustus 2020 Fortuner berhasil mencatat pangsa pasar 41,1% di segmen High SUV dengan angka penjualan 6.807 unit.

Toyota ingin membuat DNA New Fortuner dari gril dan garnish pada lampu LED dibuat lebih besar. Penyegaran lain terlihat pada desain bumper baru, gril radiator berdesain baru, lampu utama model baru, lampu kabur desain baru, ornamen krom pada bumper, gril dan lampu kabut. Pada tipe TRD Sportivo, garnish krom berwarna gelap.

Sektor kaki-kaki, pelek alloy 18 inci, spion seluruh model memakai kelir sewarna bodi kecuali TRD Sportivo yang memakai kelir hitam. Warna hitam juga dipakai pada step dan step cover TRD Sportivo dan G, sementara tipe lainnya mengaplikasikan warna abu-abu.

Bumper belakang tipe TRD Sportivo terdapat tambahan spoiler, termasuk garnish seluruh model disematkan warna krom dan black krom untuk TRD Sportivo. Fitur Kick Sensor dan Power Back Door yang dapat membuka pintu bagasi secara otomatis yang sebelumnya ada di tipe TRD Sportivo, sekarang juga sudah dihadirkan di tipe VRZ dan SRZ.

Kabin Tipe G memakai bahan fabric warna abu-abu gelap, model lain menggunakan bahan kulit hitam. Layar spidometer kini punya dimensi 4,2 inci, dilengkapi beberapa fitur seperti New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display.

Terdapat fitur wireless charger untuk isi baterai smartphone tanpa kabel. Head unit dengan layar 9 inci memiliki fitur konektivitas Miracast dan SDL, voice command, surround monitor, sedangkan untuk varian VRZ, SRZ dan TRD Sportivo memiliki tambahan fitur NFC dan Smartphone Connection.

Baca Juga: New Toyota Fortuner Dan New Kijang Innova, Ini Harga Terbarunya!

Jok depan dioperasikan secara elektrik, kursi belakang dengan lampu iluminasi, dan lampu spion kabin dengan teknologi Electro Chromic Mirror sebagai fitur anti silau mengemudi di malam hari. Semua pembaruan tersebut tersedia di model SRZ, VRZ, dan TRD Sportivo, sementara spion anti silau untuk semua model.

Fitur Surround Monitor yang disematkan tidak hanya dapat membantu ketika parkir saja, tapi juga menghadirkan beberapa fitur yaitu Blind Spot Detection (BSD) untuk mendeteksi objek di area blind spot kendaraan danLane Departure Warning (LDW) untuk mendeteksi jalur yang dilalui.

Terdapat Moving Object Detection (MOD) untuk mendeteksi objek bergerak di sekitar mobil, dan Headway Monitoring Warning (HMW) untuk memantau jika ada mobil lain masuk ke dalam area safety New Fortuner.

Fitur keselamatan juga disematkan pada varian baru ini seperti Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD Sportivo, VRZ, dan G. Adapun Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control (TRC) yang dipasang di semua model. Tipe VRZ 4x4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, sedangkan 7 Airbags terdapat di tipe VRZ 4x4 dan G 4x4.

Mesin dieselnya masih menggunakan 2GD-FTV, yakni mesin diesel 4 silinder DOHC turbo berkapasitas 2.400 cc, sanggup menghasilkan tenaga 147 dk dan torsi 392 Nm dengan liquid cooled di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar. Langkah meningkatkan efisiensi mesin berikutnya adalah adopsi electronically controlled common-rail injection system dengan tekanan hingga 250 MPa yang diklaim membuat bahan bakar makin efisien.