POPULAR STORIES

Profil Toyota New Yaris GR Sport Untuk ISSOM Yang Turun Di Kelas ITCR 1.600 Max

Profil Toyota New Yaris GR Sport untuk ISSOM yang turun di Kelas ITCR 1.600 Max Toyota New Yaris GR Sport untuk balap ISSOM (KabarOto)

KabarOto.com - Toyota New Yaris GR Sport yang dikendarai Haridarma Manoppo mencatatkan hasil gemilang dalam gelaran Kejurnas Indonesia Touring Car Race (ITCR) Max 1.600 di Seri ke-4 Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2023, di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9).

Haridarma Manoppo tampil mengesankan mulai dari latihan hingga kualifikasi. Pada Sabtu (16/9) ia mencatatkan waktu tercepat 01:49.398 di babak kualifikasi sekaligus memperoleh gelar Superpole dan berhak atas 1 poin tambahan.

Baca Juga: 10 Alasan Toyota Yaris GR Sport Layak Dibeli

Dominasi New Yaris GR Sport bersama Haridarma berlanjut saat race day di hari Minggu (17/9) dengan cuaca sangat panas. Start dari posisi pertama, ia langsung memimpin jalannya lomba.

Meskipun sempat ada drama di pertengahan lomba yang membuatnya turun ke posisi ke-4, perlahan pembalap TGRI ini menunjukkan kelasnya dan berhasil kembali ke posisi pertama hingga akhirnya memenangkan lomba Kejurnas ITCR 1600 Max dengan catatan waktu total 22:20.341.

Untuk diketahui, Toyota New Yaris GR Sport ini sudah dimodifikasi oleh TGRI agar performanya mumpuni di setiap perhelatan ISSOM.

Jika melirik spesifikasinya, sektor mesin dari Toyota Yaris GR Sport tersebut memang relatif standar tanpa ubahan ekstrem. Meski demikian, ada beberapa modifikasi yang dilakukan tanpa melanggar regulasi.

Mobil berkelir khas TGRI ini pun masih menggunakan mesin 2NR-FE 4 silinder DOHC Dual-VVTi berkapasitas 1.496 cc. Di atas kertas tenaga maksimal standarnya 107 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm pada 4.200 rpm. Namun dengan modifikasi dan penyesuain sedemikian rupa, tenaganya pasti sudah meningkat drastis walau tidak diberi tahu berapa angkanya.

Layaknya mobil balap pada umumnya, kabin pun harus terondol demi mengurangi bobot dan membuang panel-panel yang tidak penting. Jok yang ada di baris depan dan belakang dilepas, digantikan dengan jok racing berlabel GR di bagian pengemudi lengkap dengan setir TRD. Adapun instalasi rollbar atau roll cage yang berfungsi untuk aspek keselamatan sang pembalap.

Baca Juga: Sejarah Dan Kontribusi Toyota Yaris GR Sport Di Pasar Otomotif Indonesia

Penyempurnaan serta ubahan juga dilakukan di sektor suspensi yang menggunakan merek Reiger. "Suspensi ini kita sudah pakai yang paling bagus dengan setelan yang disesuaikan. Tentunya menguras waktu dan biaya yang relatif ekstra untuk riset dan pengembangannya," ujar Fitra Dimitri selaku Direktur Toyota Gazoo Racing Indonesia.