POPULAR STORIES

Sejarah Dan Kontribusi Toyota Yaris GR Sport Di Pasar Otomotif Indonesia

Sejarah dan Kontribusi Toyota Yaris GR Sport di Pasar Otomotif Indonesia Toyota Yaris GR Sport (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Toyota Yaris punya sejarah panjang di pasar otomotif Indonesia. Kepopuleran Hatchback andalan Toyota ini jadi daya tarik anak muda untuk meminangnya. Desain dan bentuknya yang kompak jadi salah satu alasan.

Toyota sendiri menghadirkan Yaris sebagai suksesor Toyota Starlet. Yaris dipasarkan secara resmi di Indonesia dalam bentuk impor utuh (CBU) dari Thailand mulai tahun 2006. Pada tahun 2009, Toyota menghadirkan versi facelift pertamanya.

Baca juga: Toyota Gazoo Racing Duduki Podium Balap ISSOM Seri-4

Paling mencolok saat itu adalah perubahan pada bagian grill, lampu depan dan bumper depan. Tak berhenti disitu, Toyota juga menghadirkan model TRD Sportivo dengan tambahan body kit dan suspensi sport yang menambah kesan sporty.

Nah, pada 2021 jadi pembaruan total dari Toyota Yaris. Baik dari sisi tampilan maupun performa. Tampilannya jauh lebih sporty. Tipe GR Sport didaulat menjadi tipe tertinggi dari yaris.

Area dasbor terdapat logo GR Sport

Di tahun yang sama, berdasarkan data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan September, penjualan mobil di segmen hatchback di Indonesia mencapai 1.740 unit.

Menariknya, Toyota Yaris menempati posisi ke-2. Hatchback andalan Toyota ini mempunyai angka penjualan sebanyak 766 unit di bulan September 2021. Model paling banyak terjual adalah Yaris GR Sport CVT 3 airbags dengan angka 579 unit.

Baca juga: Makin Memanas, Ini Finalis Kompetisi E-Motorsport Toyota GAZOO Racing GT Cup 2022

Henry Tanoto, selaku Vice President Director PT TAM mengatakan brand GR Sport pada jajaran produk Toyota cukup mendapat animo yang sangat baik secara penerimaan pasarnya. Komposisi GR dan non-GR secara rata-rata pada lima produk line-up GR Sport berkisar 70 sampai 90 persen.

"Dan secara total dalam kurung waktu lima bulan sudah 53.000 unit Toyota GR Sport terjual dan menemani mobilitas konsumen di Indonesia," ujar Henry Tanoto beberapa waktu lalu.