POPULAR STORIES

Profil Toyota RAV4 GR Sport Hybrid EV

Profil Toyota RAV4 GR Sport Hybrid EV Foto : Deddy KabarOto.

KabarOto.com - Toyota kembali mengenalkan mobil hybrid baru dalam keluarga GR Sport, setelah sebelumnya Corolla Cross GR Sport, sekarang hadir lagi di ajang GJAW 2023, RAV4 GR Sport.

Untuk dimensinya mobil ini punya panjang 4.600 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.690 mm, dan wheelbase 2.690 mm. RAV4 hadir dengan kemasan lebih sporty, serta gagah yang memiliki banyak aksen hitam.

Mulai dari bagian fasia, headlamp RAV4 ini sudah dibekali teknologi proyektor LED dan aksen LED DRL di atasnya, serta bisa dilihat desain gril terlihat menyatu dengan bagian bumper, lekukannya tegas dan masih dilengkapi foglamp di sisi samping untuk menambah sistem penerangan. Lalu RAV4 GR Sport telah disematkan bodykit berupa lips di bagian depannya, aksen abu-abu membuat warna terlihat tidak terlalu monoton.

Baca Juga : Inden Toyota Innova Zenix Hybrid Sampai Setahun, Corolla Cross Hybrid EV Bisa Jadi Pilihan

Beralih ke sisi samping, untuk RAV4 GR Sport yang dipajang memiliki finishing warna dual tone, di mana atapnya berwarna hitam begitu juga dengan bagian roofrailnya.

Uniknya lagi bagian over fender, dan side body moulding tidak menggunakan warna hitam plastik seperti biasanya, namun Attitude Black yang justru memberikan kesan eksklusif.

Bagian kaki-kaki juga terlihat kekar dengan pelek ukuran 19 inci model palang 5 finishing hitam, aksen polish. Berbalut ban Bridgestone Alenza ukuran 235/55 R19. Lalu rem sudah menggunakan cakram baik di depan dan belakang, serta suspensinya menerapkan model MacPherson di depan, dan double wishbone di belakang.

Lanjut ke belakang, model RAV4 sudah menunjukkan tarikan desain Toyota seangkatan, menerapkan bentuk sedikit mengotak dengan ujung tajam. Tampak stoplamp sudah menggunakan LED, serta bumper belakang diberi aksen warna Attitude Black dan garnis abu-abu sama seperti di depan, finishing dual knalpot.

Soal mesin, RAV4 GR Sport dibekali mesin hybrid 4 silinder DOHC berkapasitas 2.487 cc mampu menghasilkan tenaga hingga 306 dk dengan torsi maksimum 228 Nm, sementara akselerasi 0-100 kpj tuntas dalam 6,2 detik. Lalu pada mode listrik, mobil ini bisa menempuh jarak sejauh 65 km dengan kecepatan hingga 135 kpj.

Melihat bagian kabinnya terlihat skema warna hitam yang mendominasi di seluruh bagian, dan sudah berbalut bahan soft touch juga sehingga lebih eksklusif. Lalu bagian jok sudah mengaplikasikan pengaturan elektrik dan ada fitur memory seat.

Baca Juga : Ini Tampilan All New Toyota Agya GR Sport Jadi Mobil Balap

Bagian setir lengkap untuk pengaturan audio dan cruise control, pemanas, serta asyiknya lagi ada paddle shift untuk mengatur naik turunnya gigi. Pengaturannya pun lengkap sudah tilt dan teleskopik, sehingga mudah mencari posisi tepat. Tampilan spidometer juga sudah full digital ukuran 12,3 inci dengan tampilan yang bisa diubah sesuai selera.

Ukuran layar multimedia juga sangat besar 10,5 inci, dengan fungsi komplet, termasuk Android Auto dan Apple Carplay, navigasi dan sebagainya. Di bagian bawahnya ada tombol pengaturan AC dual climate, serta pemanas kursi yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan di Indonesia.

Di konsol tengah juga disematkan seperti fitur wireless charging, brake hold, tuas rem elektrik, tuas transmisi model full EV, serta mode berkendara seperti Eco, Normal dan Sport. Tidak hanya itu disediakan juga dua cup holder, dan ruang penyimpanan tertutup yang memiliki pengecasan dua buah USB type C.

Ketika bergeser ke belakang, joknya cukup lega untuk postur 170 cm, serta sudah ada headrest. Cukup praktis karena disediakan soket USB dan ventilasi AC. Serta bagian tengahnya bisa jadi armrest berikut cup holder.

Soal bagasi juga cukup luas karena memiliki kapasitas 580 liter, serta jika butuh ruang lebih besar lagi tinggal lipat jok baris kedua dengan pelipatan 60:40. Lalu dilengkapi tombol power back door.

Fitur keamanan di RAV4 GR Sport juga cukup lengkap mulai dari 7 buah airbag, rem ABS dan EBD, Automatic High Beam, Hill-start Assist Control, Pre-Collision System with Pedestrian and Cyclist Detection, Road Sign Assist, Lane Departure Alert, Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert with Brake Assist, Adaptive Cruise Control, Tyre Pressure Warning System, hingga kamera 360 derajat sudah jadi standar di mobil ini.