POPULAR STORIES

Profil Toyota Yaris Cross S Hybrid

Profil Toyota Yaris Cross S Hybrid Foto : Sigit / KabarOto. Profil Toyota Yaris Cross S Hybrid.

KabarOto.com - Toyota telah merilis All-New Yaris Cross untuk pasar ASEAN, desainnya memang sedikit berbeda dengan versi global. Asyiknya ada versi mesin hybridnya juga lho. Penasaran seperti apa spesifikasinya? Berikut ulasannya.

Ukuran dimensi Yaris Cross memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm dan sumbu roda 2.620 mm, serta jarak pijak 250 mm.

Desainnya cukup sporty, mirip seperti Toyota RAV4 yang belum lama juga diperkenalkan, namun ukurannya lebih kecil. Dikombinasi lekukan bodi tegas dengan aksen semacam under guard menambah kesan sporty dari mobil ini.

Baca Juga : Sekilas Sejarah Toyota Yaris Cross

Dengan lampu full LED, headlamp gunakan model proyektor, berikut LED DRL tajam menghiasi bagian alisnya, serta tambahan lampu kabut LED untuk membantu penerangan. Begitu juga lampu belakang, semua sudah menerapkan LED bar desainnya tajam membuatnya tampak lebih agresif.

Dari samping kesan SUV pun semakin kental dengan adanya roof rail, serta over fender berbahan plastik hitam. Peleknya model palang 5 ukuran 18 inci finishing dual tone, dibalut ban ukuran 215/55 R18. Rem sudah cakram baik depan dan belakang, serta suspensi model MacPherson di depan dan torsion beam di belakang.

Di bagian belakang kesan tegas juga ditambahkan melalui under guard belakang berwarna abu-abu. Serta sistem pembukaan bagasi power back door. Tidak dijelaskan berapa kapasitasnya, namun terdapat separator penutup dan untuk mengatur ketinggian bagasi agar bisa rata lantai, dilengkapi juga lampu bagasi saat malam hari.

Jantung pacunya dibekali mesin berkode 2NR-VEX, 4 silinder, DOHC berkapasitas 1.500 cc, dengan 90 dk dan torsi 121 Nm. Kemudian tambahan baterainya lithium ion kapasitas baterai 4,3 Ah plus motor listrik yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 79 dk dan torsi 141 Nm. Disambung ke transmisi CVT menggerakkan roda depan.

Baca Juga : Bedah Fitur All New Toyota Yaris Cross

Beralih ke kabin, kesannya mewah dan fiturnya komplet. Dibalut warna hitam dengan banyak bahan soft touch sehingga lebih mewah. Joknya sudah elektrik berbalut kulit, begitu juga setir telah dibalut kulit dan dapat diatur tilt dan teleskopik, serta pengaturan seperti audio steering dan cruise control tinggal diatur lewat jempol.

Di bagian sisi kanan tombol untuk mengaktifkan atau non-aktifkan sensor parkir serta traction control, kemudian terdapat pengatur ketinggian arah lampu dan auto dimming.

Spidometernya canggih karena full layar TFT ukuran 7 inci, head unit bisa terkoneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay, serta dapat menampilkan segala kondisi mobil, hingga mengatur warna ambient light demi menambah kesan mewah di kabin mobil. AC pun digital berikut tombol fisik dan putar.

Lalu di konsol tengah ada slot charger baik USB dan type C, lalu wireless charger. Tuas transmisi, rem parkir elektrik dan fitur brake hold. Serta arm rest tengah memiliki ruang penyimpanan tertutup dan outlet 12V. Tidak lupa hadir juga panoramic roof yang ukurannya cukup besar, walau tidak dijelaskan berapa ukuran pastinya, dan penutup kaca (sun shade) dari bahan mirip seperti pelapis plafon.

Baris kedua jok bisa untuk tiga orang dewasa dengan arm rest tengah yang memiliki 2 cup holder. Serta ada ventilasi AC dan dua soket type C, pelipatannya 60:40 sehingga praktis jika ingin membawa barang agak banyak.

All-New Yaris Cross telah mendapatkan berbagai advance safety features. Urban SUV ini dilengkapi dengan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM). Fitur Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan bantuan visibilitas.