POPULAR STORIES

Sekilas Sejarah Toyota Yaris Cross

Sekilas Sejarah Toyota Yaris Cross Foto : TAM. Toyota Yaris Cross Lokal.

KabarOto.com - Toyota baru saja merilis Yaris Cross versi Indonesia. Walau tampilannya berbeda dari versi globalnya, namun mobil ini tetap termasuk dalam keluarga Yaris.

Yaris Cross awalnya direncanakan diresmikan di Geneva Motor Show 2020. Namun, acara tersebut dibatalkan karena saat itu pandemi Covid-19. Toyota kemudian merilis gambar dan spesifikasi pertama Yaris Cross pada 23 April 2020. Yaris Cross dibangun di atas platform GA-B, sama seperti versi hatchback, dan mobil ini diposisikan antara Raize dan C-HR.

Toyota Yaris Cross versi global.

Baca Juga : Belum Diproduksi, All New Toyota Yaris Cross Ditargetkan Terjual 1.500 UnitBelum Diproduksi, All New Toyota Yaris Cross Ditargetkan Terjual 1.500 Unit

Sementara itu, mobil ini mulai mengaspal di Jepang pada September 2020, Australia pada November 2020, dan Eropa pada pertengahan 2021. Serta kini hadir di Indonesia dengan model berbeda dan kode berbeda yakni AC200. Sementara versi globalnya adalah XP210.

Pengembangan dipimpin oleh Yasunori Suezawa sebagai chief engineer, dan Hideaki Hayashi sebagai wakil chief engineer di bawah Toyota Compact Car Company. Desain Yaris Cross adalah kolaborasi antara studio Toyota Eropa dan Jepang, menggabungkan Yaris dengan fitur dari SUV lebih besar seperti RAV4. Selain itu dengan fitur komplet dan desain gagah, Yaris Cross sempat dianugerahi sebagai World Urban Car of The Year 2022 menurut World Car Awards dipilih oleh 102 juri jurnalis otomotif internasional dari 33 negara.

Toyota Yaris Cross versi lokal.

Untuk Yaris Cross lokal baru akan diproduksi pada Juni 2023. Desainnya masih mirip seperti versi global dengan perpaduan RAV4, dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm.

Untuk mesin ada 2 pilihan yakni 2NR-VE dan 2NR-VEX Hybrid. Keduanya sama-sama 4 silinder DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc, dengan tenaga 106 dk dan torsi 138 Nm pada mesin bensin, serta hybrid tenaganya 89 dk dan torsi 121 Nm, serta motor listriknya menyalurkan tenaga sebesar 79 dk dan torsi 141 Nm. Transmisi manual 5 percepatan dan CVT untuk versi bensin, dan e-CVT hanya di versi hybrid.

Mesin Toyota Yaris Cross lokal berkode 2NR.

Serta versi global menggunakan mesin M15A-FKS 3 silinder, DOHC, Dynamic Force Engine, berkapasitas 1.500 cc DOHC mampu memuntahkan tenaga hingga 118 dk dengan torsi 145 Nm. Kemudian untuk tipe hybrid mesin M15A-FXE 3 silinder Dynamic Force Engine berkapasitas 1.500 cc, diklaim mampu menyemburkan tenaga 113 dk, serta torsi puncak 120 Nm. Keduanya punya transmisi CVT dan penggerak roda depan.

Baca Juga : Ini Beda Mesin Bensin Dan Hybrid All New Toyota Yaris Cross

Toyota All-New Yaris Cross lokal telah mendapatkan berbagai advance safety features. Urban SUV ini dilengkapi dengan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM). Fitur Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan bantuan visibilitas.