POPULAR STORIES

Profil Volkswagen Golf GTI MK8

Profil Volkswagen Golf GTI MK8 Foto : KabarOto.com.

KabarOto.com - Volkswagen (VW) Indonesia telah merilis generasi baru dari Golf GTI MK8 di GIIAS 2023, mobil ini melanjutkan cerita hot hatchback legendaris yang lahir di ajang Frankfurt Motor Show sejak 1975 lalu itu.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.287 mm, lebar 1.789 mm, tinggi 1.444 mm, dan jarak sumbu roda 2.636 mm. Sementara ukuran bagasinya sekitar 374 liter, cukup untuk membawa barang belanjaan dan dua koper besar.

Dari desain eksterior, Golf GTI baru mewujudkan detil yang agresif, terdapat detil garis merah di gril dan logo GTI sebagai penegas. Gril tadi menyambung ke bagian lampu utama berteknologi LED proyektor, dan DRL LED.

Baca Juga : Volkswagen Golf R 333 Limited Edition, Dibuat Hanya 333 Unit

Desain bumper pun sangat sangar, air dam-nya besar memiliki mobil sarang lebah, dan ada lima LED sebagai foglamp menciptakan berbentuk X yang jadi ciri khas baru, dengan fitur Active Cornering Light.

Selain itu bergeser ke samping, tarikan garisnya masih mirip seperti sebelumnya, kesannya masih agresif. Serta ada lampu dari spion yang memproyeksikan pola polkadot ke permukaan tanah. Lalu terdapat pelek alloy Richmond model kipas palang 5 ukuran 18 inci finishing dual tone, dibalut ban ukuran 225/40 R18.

Sementara di balik pelek ada kaliper rem cakram berwarna merah baik di depan dan belakang. Untuk suspensi menggunakan MacPherson strut di depan, dan multi link di belakang.

Lanjut ke belakang, desain sederhana namun sporty tetap diterapkan di generasi MK8, spoiler-nya kecil tidak menonjol, desain lampu rem baru menerapkan teknologi LED bar modern, serta desain bumper dengan diffuser sederhana dan dual exit knalpot membuatnya terkesan lebih agresif.

Baca Juga : Volkswagen Boyong Golf GTI MK8 Dan All New Tiguan Allspace

Di balik kap mesin Golf GTI mengusung mesin 4 silinder 2.000 cc TSI turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga puncak 245 dk dan torsi maksimal 370 Nm. Dipadukan bersama transmisi DSG 7 percepatan kopling ganda, berpenggerak depan. Membuat berakselerasi 0 – 100 kpj dalam 6,3 detik, dan kecepatan maksimumnya dibatasi 250 kpj.

Masuk ke kabin, interior GTI menampilkan aura sporty, menerapkan bahan kulit Vienna warna hitam, abu-abu, dan jahitan warna merah. Joknya sendiri menggunakan model semi bucket seat, dapat diatur secara elektrik dengan fitur memori 3 slot serta ada lumbar support.

Untuk spidometernya menggunakan instrumen Digital Cockpit khas VW menggunakan layar 10,25 inci multiwarna. Lalu setirnya dilengkapi tombol multifungsi dengan kontrol haptic-touch, dan sangat erogonomis dalam gengaman. Di tengah dashboard tersedia fitur infotainment Discover Media layar sentuh 10 inci ada fitur navigasi, sistem koneksi Apple CarPlay dan Android Auto serta output 7 speaker demi memanjakan penumpang.

Kenyamanan di dalam kabin didukung oleh penyejuk kabin (AC) Climatronic 3-zona. Pengaturan suhu dapat dilakukan melalui panel sentuh di dashboard atau melalui perintah suara, serta AC sudah dilengkapi dengan filter udara Air Care untuk menyaring serbuk sari, bakteri dan partikel lainnya agar udara di dalam kabin tetap bersih.

Kenyamanan kabin juga didukung dengan lampu ambient yang dapat terhubung dengan mode berkendara. Ada 30 pilihan warna yang dapat dipilih dengan lima mode warna yang telah tersedia yaitu Infinity, Eternity, Desire, Euphoria, dan Vitality, serta pengaturan personal.

Sementara di panel tengah ada tempat untuk soket pengecasan dan wireless charging. Serta pengaturan transmisi melalui model tombol, dengan fitur rem elektrik, dan auto hold.

Bagian tengah juga cukup nyaman untuk sebuah hatchback kencang, terdapat sandaran tangan dan cup holder, serta panel AC di tengah berikut soket pengecasan.

Golf GTI juga dilengkapi dengan beberapa fitur kenyamanan dan keselamatan aktif, seperti Tyre Pressure Loss Indicator, ABS, EBD, ESC (Electronic Stability Control), Post Collision Braking System untuk akan mengurangi resiko kendaraan mengalami tabrakan selanjutnya, EDL (Electronic Differential Lock) dan ASR (Traction Control), untuk meningkatkan traksi dan mengurangi gejala understeer, serta 7 buah airbag.

Di Indonesia, VW Golf GTI tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu Kings red, Moonstone grey, deep black, Oryx white dan Atlantic blue, banderolnya berkisar Rp 1,2 miliaran.