POPULAR STORIES

Profil Volkswagen T-Cross

Profil Volkswagen T-Cross Volkswagen T Cross (Dok : Deddy/KabarOto)

KabarOto.com – Volkswagen T-Cross bermain di kelas medium SUV, yang menawarkan gaya berbeda. T-Cross hadir dengan lebih gagah, namun tidak meninggalkan kesan futuristiknya. Dimensinya memiliki panjang 4.221 mm, lebar 1.760 mm dan tinggi 1.612 mm.

Garis bodinya tegas, dengan teknologi headlamp sudah menggunakan projektor LED, dengan DRL LED, dan sein model LED titik. Sementara untuk foglamp-nya masih mengandalkan halogen multi reflektor. Bagi yang bosan model mengkurva dan tajam, mungkin T-Cross jadi jawaban tepat.

Garis bodinya tegas tanpa banyak lekukan tajam, justru lebih mengkotak di bagian gril, serta aksen krom panjang di bumper membuatnya tampak lebih agresif. Berikut tambahan semacam underguard berwarna abu-abu menambah kesan gagah.

Baca Juga : Volkswagen Golf R 20th Anniversary Edition Untuk Pasar Amerika Utara

Bergeser ke samping, kita bisa melihat mobil ini sudah dibekali moonroof, dan roofrail bawaan pabrik. Lalu ciri khas crossover pun terlihat dari aksen fender warna hitam berbahan plastik. Sementara pelek T-Cross dibekali palang 5 Y-spoke ukuran 17 inci finishing dual tone, berbalut ban Goodyear Assurance ukuran 205/55 R17.

Melihat di bagian belakang, desain tegas pun masih terasa. Disematkan spoiler kecil, lalu lampu rem juga sudah LED yang membentang dari sisi kiri ke kanan, berikut mika hitam membuatnya tampak lebih sporty. Sementara di bumper belakang, ada aksen panjang dengan reflektor mata kucing, dan aksen underguard berwarna abu-abu.

T-Cross menggunakan mesin 3 silinder 1.000 cc berteknologi TSI, tenaga yang dihasilkan dari mesin mungil ini cukup besar yakni 115 dk pada 5.000 - 5.500 rpm dan torsi maksimal 178 Nm di 1.750 - 4.500 rpm. Disambung ke transmisi otomatis enam percepatan dengan paddle shift, penggerak roda depan.

Masuk ke kabin, kita disambut sill plate alumunium bertulis T-Cross. Serta dibekali warna interior hitam dan krem yang kontras dengan jok dan setir berbahan kulit. Lalu spidometer sudah menggunakan model digital full color berukuran 8 inci, yang menampilkan informasi komplet.

Baca Juga : Volkswagen ID Aero, Sedan Listrik Terbaru Dengan Jarak Tempuh 620 Km

Posisi duduk dengan postur 170 cm juga erogonomis karena bisa diatur secara manual. Begitu juga setir yang dapat disesuaikan baik tilt maupun teleskopik.

Masih banyak fitur pelengkap lainnya, misalnya lampu ambient, jok kulit dengan ventilasi udara, AC otomatis digital dilengkapi dengan filter Air Care. Head unit layar sentuh 10 inci sudah integrasi wireless Apple Carplay™ dan Android Auto™, serta pengisian daya smartphone nirkabel serta empat port pengisian USB Type C.

Duduk di belakang juga nyaman karena ada ventilasi AC di tengah, dan port pengisian daya. Serta disediakan arm rest dengan cup holder sehingga praktis karena ruang tersedia di setiap doortrim.

VW juga menyematkan beberapa fitur keselamatan pada T-Cross, seperti enam airbag, ESC, 3 sandaran kepala lengkap di baris belakang, sabuk pengaman tiga titik untuk setiap tempat duduk, dan ISOFIX untuk memasang bangku anak.

Lalu sistem keselamatan aktif seperti Antilock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Hold Control (HHC), sensor jarak parkir belakang, hill-hold control dan sistem peringatan tekanan ban. Soal harga, T-Cross hanya ada 1 varian dengan banderol Rp 488 jutaan.