POPULAR STORIES

Volkswagen Golf R 20th Anniversary Edition Untuk Pasar Amerika Utara

Volkswagen Golf R 20th Anniversary Edition untuk Pasar Amerika Utara Sumber: Netcarshow

KabarOto.com - Volkswagen of America mengumumkan Golf R 20th Anniversary Edition untuk pasar Amerika Utara. Sebuah model dihadirkan untuk merayakan 20 tahun performa tinggi kendaraan Golf berpenggerak empat roda (AWD), dimulai dengan rilis Golf R32 di Eropa pada 2002.

"Dua puluh tahun adalah tonggak penting bagi model kinerja merek R, dan kami senang berbagi dalam perayaan global dua dekade warisan R32 dan Golf R," kata Hein Schafer, Wakil Presiden Senior, Pemasaran Produk dan Strategi.

Ia juga menjelaskan bahwa mobil ini menjadi model khusus resmi pertama di seluruh dunia untuk Golf R, penting untuk menyertakan penggemar performa hatchback Volkswagen Amerika Utara dalam pesta ulang tahun untuk merek Golf R ini.

Baca juga: VW Amarok 2023 Meluncur, Menggunakan Platform Dan Mesin Baru

VW Golf R 20th Anniversary Edition menggunakan basis Golf R generasi terbaru, dengan sasis MQB canggih Volkswagen dan mesin EA888 evo4 4 silinder DOHC Turbo TSI dengan tenaga maksimal 315 dk. Untuk pasar Amerika Utara, 20th Anniversary Edition ditawarkan dengan transmisi manual 6-percepatan atau transmisi otomatis kopling ganda DSG 7-percepatan.

Perubahan tertentu pada eksterior Golf R membuat Edisi Ulang Tahun ke-20 mudah dikenali tanpa mengurangi daya tarik Golf R yang canggih. Mulai dari atas, menghilangkan sunroof dan merampingkan garis atap hatchback. Dari samping, velg Estoril 19-inci Golf R yang besar dilapisi dengan Gloss Black dan dilengkapi ban berukuran 235/35 R19.

Seperti pada setiap Golf R, sistem penggerak semua roda dengan vektor torsi dipasangkan dengan sistem peredam adaptif DCC yang canggih untuk membantu memastikan tenaga disalurkan ke roda yang membutuhkannya dalam situasi berkendara apa pun.

Edisi Ulang Tahun ke-20 akan ditawarkan dalam warna Lapiz Blue Metallic, Deep Black Pearl, dan Pure White, dengan alokasi kendaraan terbatas untuk setiap warna. Detail trim yang halus semakin membedakan edisi khusus: Tutup kaca spion dilapisi Lapiz Blue pada kendaraan Pure White dan Deep Black, sedangkan pada kendaraan yang dicat dengan Lapiz Blue, tutup spion berwarna hitam mengkilap. Terakhir, logo R di bumper depan dan belakang serta sepatbor depan dilapisi dengan warna biru, sementara lencana 20th Anniversary menghiasi pilar-B.

Baca juga: VW ID.Buzz Obi-Wan Kenobi Tunjukkan Sisi Gelap Dan Terang

Sentuhan halus namun disengaja untuk kinerja berlanjut ke interior, di mana panel dasbor dan trim pintu depan menampilkan sisipan dekorasi serat karbon asli untuk pertama kalinya dalam kendaraan produksi Volkswagen. Ini memberikan nuansa sporty, dilengkapi dengan setir yang dioptimalkan secara ergonomis dan kursi semi bucket.

Mata yang tajam akan melihat logo "R" dengan warna biru pada palang setir. Bahkan jauh dari kendaraan, pemilik model 20th Anniversary Golf R akan diingatkan akan keunikan model edisi terbatas dengan kunci fob, menampilkan logo "R" dengan warna biru.

Edisi Ulang Tahun ke-20 akan mulai dijual pada musim gugur 2022, dan akan memiliki MSRP $ 44.940 atau setara Rp 670 juta untuk model transmisi manual dan $ 45.740 atau setara Rp 682 juta untuk DSG 7-percepatan.