POPULAR STORIES

VW Amarok 2023 Meluncur, Menggunakan Platform Dan Mesin Baru

VW Amarok 2023 Meluncur, Menggunakan Platform dan Mesin Baru VW Amarok 2023 varian PanAmerica (Foto : VW Group)

KabarOto.com – Pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) baru-baru ini meluncurkan generasi terbaru dari salah satu produk mereka, yaitu VW Amarok yang rencananya akan dilansir pada 2023.

Amarok merupakan satu-satunya mobil double-cabin dari VW Commercial Vehicles yang meluncur sejak 2010 silam. Sejak debutnya hingga saat ini tercatat sudah 830.000 unit yang terjual. Oleh karena itu, pihak VW kini meluncurkan generasi terbaru Amarok.

Generasi terbaru ini dibangun dari platform T6 milik Ford. Jadi, tidak heran jika Amarok memiliki mesin dan fitur yang sama dengan Ranger terbaru.

Baca Juga : Ingin Punya Ford Ranger Raptor Garapan Tepat Guna Putra, Simak Ini Dulu!

Secara desain, tampilan mobil ini hadir lebih modern dan tangguh berkat penggunaan gril yang cukup besar serta bumper dengan aksen dual-tone. Pada bagian lampu kini lebih sipit yang sudah berteknologi LED matrix.Pada bagian samping, penggunaan pelek baru 21 inci multipalang dengan finishing two-tone.

Pelek tersebut untuk varian hanya untuk varian yang lebih mewah, sedangkan varian di bawahnya menggunakan pelek 17 inci berwarna hitam. Pada bagian siluet samping terlihat garis-garis desain seperti Ranger. Sementara, bagian belakang terlihat simpel dengan logo VW beserta tulisan Amarok yang cukup besar. Tampilannya cukup modern berkat penggunaan lampu berbentuk huruf ‘C’ yang pipih.

Masuk ke interior, terlihat model dasbor mirip kepunyaan Ranger. Tetapi, ada sedikit perbedaan dari bentuk ventilasi AC di bagian tengah. Pada bagian konsol tengah terlihat penggunaan head unit besar berukuran 10 dan 12 inci (tergantung varian). Head unit ini memakai sistem Ford SYNC 4 yang dimodifikasi sedikit. Sistem tersebut dapat terhubung dengan smartphone melalui Apple CarPlay, Android Auto, dan AppLink.

Baca juga: VW ID.Buzz Obi-Wan Kenobi Tunjukkan Sisi Gelap Dan Terang

Untuk memanjakan pengemudi dan penumpang, head unit tersebut tersambung ke sistem audio premium dari Harman Kardon.

Bicara soal perfoma, Amarok hadir dalam beberapa pilihan mesin. Untuk pasar Afrika, pihak VW memberikan unit empat silinder 2.000 cc TDI yang memiliki keluaran tenaga 148 dk dengan torsi 420 Nm. Tetapi, untuk negara lainnya mengusung mesin yang sama dengan tenaga lebih besar yaitu 168 dk dengan torsi 500 Nm. Tenaga tersebut disambung ke transmisi otomatis enam percepatan atau manual enam percepatan.

Baca juga: VW T-Cross Agar Kompetitif Ada Rencana Rakit Di Indonesia

Adapun unit empat silinder bi-turbo yang memiliki keluaran tenaga 207 dk. Untuk varian tertinggi memiliki mesin V6 3.000 cc turbo diesel yang memiliki keluaran tenaga 238 dk dengan torsi 550 Nm dan 247 dk dengan torsi 580 Nm. Untuk mesin keluaran tenaga di atas 207 dk disambung ke transmisi otomatis 10 percepatan. Untuk semua varian memiliki opsi penggerak 4Motion atau selectable 4x4 dan fulltime AWD. Ada kemungkinan, untuk varian entry-level hanya memiliki penggerak roda belakang.

Amarok kini memiliki kedalaman fording 800 mm, sehingga dapat melibas sungai yang cukup dalam. Lalu, hal tersebut dikombinasikan dengan mesin dan penggerak yang mumpuni, tentu Amarok bisa diandalkan untuk off-road.

Pihak pabrikan akan menjual double-cabin dalam beberapa varian yaitu Amarok, Life, Style, PanAmericana, dan Aventura. Bicara soal harga, sayangnya pihak VW belum menyinggung nih Sob. Meski begitu, pihak Ford akan memulai produksi all-new Amarok pada September mendatang di salah satu pabriknya yang berlokasi di Silverton, Pretoria, Afrika Selatan.

Amarok varian Aventura