POPULAR STORIES

Program Honda RC30 Forever, Mendukung Pemilik Motor VFR750 Di Eropa

Program Honda RC30 Forever, Mendukung Pemilik Motor VFR750 di Eropa Sumber Foto : Honda Europe

KabarOto.com – Pada Tokyo Motor Show 1987, pabrikan Honda meluncurkan motor sport bermesin V4 yakni VFR750 dengan kode model RC30.

Pada masa itu, Honda wajib memenuhi homologasi ajang balap World Superbike Championship (WSBK) yang baru dibentuk. Oleh karena itu, VFR750 merupakan salah satu motor produksi pertama yang menggunakan serat karbon, kevlar dan magnesium di seluruh bagian bodinya.

Baca juga: Daytona Hadirkan Aksesori Untuk Honda GB350

Motor ini dipersenjatai mesin V4 berpendingin cairan 16-valve titanium berkapasitas 748 cc, memiliki keluaran tenaga hingga 102 dk dengan torsi 76.5 Nm. Tenaga tersebut disambung ke transmisi manual 6 percepatan dengan slipper clutch.

RC30 sendiri memulai debutnya di Eropa pada 1988 dan bisa mengikuti ajang WSBK. Saat itu, Fred Merkel yang mengendarai RC30 mampu meraih kemenangan WSBK pada 1988 dan 1989. Motor ini juga mengantongi kemenangan di Isle of Man TT dan balapan internasional lainnya dengan pembalap seperti Joey Dunlop, Carl Fogarty, Steve Hislop, dan Philip McCallen.

Spare part asli Honda VFR750 (RC30)

Dengan sejarah panjang tersebut tentu Honda VFR750 RC30 ini memiliki banyak sekali prestasi. Seiring berjalannya waktu, tentu suku cadang motor ini menjadi langka. Oleh karena itu, pabrikan motor Honda itu meluncurkan program RC30 Forever di Jepang pada 2020. Kini, program tersebut hadir di Eropa untuk mendukung pemilik motor ini dengan membawa sekitar 150 suku cadang pengganti.

Program ini sebenarnya sudah dimulai pada 2017 lalu. Tetapi, pihak perusahaan tidak mengetahui bahwa tidak ada cetakan RC30 asli yang dipertahankan. Tentu, pihak insiyur membuat cetakan digital yang tersedia dan membandingkan dengan skala 1:1 untuk membuat cetakan baru. Tidak puas dengan cetakan tersebut, pihak Honda memanggil tim asli yang dulu mengerjakan VFR750 kala itu.

Baca juga: Genesis GV80 Lengkapi Mobil Patroli Mewah Kepolisian Dubai

Tampilan mesin

Dengan kombinasi teknologi lama dan baru itu menghadirkan program RC30 Forever Honda. Pihak pabrikan sendiri menawarkan mesin, sasis, bagian bodi dan perangkat elektronik. Berdasarkan permintaan pemilik dan masukan ahli R&D Honda, program ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kemampuan perusahaan.

Suku cadang ini akan tersedia di Eropa mulai Mei tahun ini, tetapi stoknya terbatas untuk semua komponen. Pihak Honda juga berharap para pemilik RC30 tetap merawat agar bisa bertahan lebih lama lagi.

Berita Terkait

Berita Terkait