POPULAR STORIES

Prosedur Mengganti Rangka ESAF Honda, Harus Sertakan Surat Dari Kepolisian

Prosedur Mengganti Rangka eSAF Honda, Harus Sertakan Surat dari Kepolisian Motor Honda yang menggunakan rangka eSAF

KabarOto.com - Apakah motor Honda Anda menggunakan rangka eSAF? Ada baiknya cek beberapa bagian, jika mendapati beberapa karat dan berpotensi patah, bisa segera mendatangi AHASS terdekat. Ada beberapa syarat untuk dilakukan penggantian, salah satunya harus membawa surat keterngan dari Kepolisian.

Wahana Makmur Sejati, main diler sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang, mempersilahkan konsumen untuk memeriksa kendaraannya ke AHASS terdekat.

Baca Juga: Kemenhub, KNKT Dan AHM Bentuk Tim Investigasi Rangka ESAF

"Jika ada keluhan pada sepeda motor, segera hubungi bengkel resmi Honda terdekat, atau menghubungi Contact Center 1-500-989," jelas Group Head of Corporate Communication PT Wahana Makmur Sejati, Diana Anggraini.

Rangka eSAF keropos (Foto: KabarOto)

Pihaknya melalui jaringan bengkel akan melakukan pemeriksaan secara langsung pada setiap unit sepeda motor yang mengalami permasalahan, untuk mengetahui penyebabnya dan melakukan penanganannya yang tepat.

AHM sendiri, menurut dia, memberikan garansi rangka sejauh 10.000 KM atau 1 tahun, tergantung yang tercapai terlebih dahulu. "Untuk mengetahui apakah masuk garansi apa tidak, konsumen dapat melihat pada ketentuan servis dan garansi, di buku pedoman pemilik dan service garansi atau dapat melakukan pengecekan ke bengkel AHASS.

Rangka eSAF berkarat di bagian dalam (Foto: KabarOto)

"Jika tidak masuk garansi, harga rangka eSAF serta prosedur dan syarat penggantian menyesuaikan kebijakan AHASS di setiap daerah," tambahnya. Syarat penggantian rangka, di antaranya:

Baca Juga: Ahli Metalurgi Soal Rangka ESAF: Konstruksi Patah Dari Lapisan Pelindung Yang Gagal

1. Surat Keterangan Kepolisian
2. Dokumen sepeda motor
3. Surat pengantar dari dealer/MD

Lalu kenapa harus menyertakan surat dari Kepolisian, menurut Diana, mengganti rangka tidak bisa sembarangan, karena memengaruhi aspek legalitas motor. "Jika terdapat penggantian frame di AHASS, nomor rangka akan tetap menggunakan penomoran yang sama," terangnya lagi.

Kemudian untuk surat dari diler, sampai saat ini Wahana belum memeiliki draft nya, karena tak ada keluhan dari konsumen sampai saatt ini. "Belum mengeluarkan surat karena konsumen yang datang ke bengkel gunsa hanya edukasi saja terkait rangka eSAF," tututp Diana.