PSBB Transisi DKI Jakarta Diperpanjang Hingga 16 Juli

PSBB Transisi DKI Jakarta Diperpanjang Hingga 16 Juli

KabarOto.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI Jakarta memutuskan untuk kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota. Sejak Juni lalu, Ibu Kota telah berubah fase dengan menerapkan PSBB Transisi.

Menurut jadwal, PSBB di Jakarta diperpanjang hingga akhir dua pekan kedepan mulai 3 - 16 Juli 2020. Perpanjangan ini didasari oleh epidemiologi, kesehatan masyarakat, dan fasilitas kesehatan.

Baca Juga: PSBB Jakarta Kembali Diperpanjang, Tapi Mobil Bisa Isi Penuh

Dijelaskan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bahwa, menurut kajian Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, angka ketiga unsur tersebut bernilai 71. Angka ini masih di atas nilai minimal yaitu 70 untuk syarat pelonggaran.

Di masa perpanjangan PSBB Transisi, kegiatan masyarakat masih menerapkan kapasitas 50 persen. Termasuk transportasi umum yang kini sudah mulai beroperasi. Nantinya, usai tahapan ini Pemprov DKI akan melakukan evaluasi kembali.

"Perpanjangan PSBB Transisi ini akan kita evaluasi kembali 14 hari lagi, sangat ditentukan oleh kedisiplinan warga Jakarta menjalankan 3M," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui media sosialnya.

Baca Juga: PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang, Ini Persiapan Produksi Daihatsu

Sejak perubahan fase dari PSBB ke PSBB Transisi, Pemprov sudah memberi kelonggaran terkait kapasitas mobil pribadi sudah diisi penuh. Namun, hal itu tidak berlaku untuk transportasi umum.

"Mobilitas kendaraan pribadi sekarang sudah bisa digunakan secara full (kapasitas penumpang) bila digunakan oleh satu keluarga. Namun bila tidak, tetap beroperasi dengan 50% dari kapasitas," ujar Anies Baswedan.