POPULAR STORIES

PT HMID Jawab Keluhan Inden Spare Parts Hyundai

PT HMID Jawab Keluhan Inden Spare Parts Hyundai Ilustrasi: Booth Hyundai di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 (HMID)

KabarOto.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) terus dilanda komplain, terutama soal waktu tunggu spare parts dari para konsumennya. Para konsumen Hyundai banyak mencurahkan unek-uneknya lewat media sosial. Bahkan, para konsumen menuangkan kekecewaan mereka di postingan salah satu influencer otomotif, Fitra Eri.

Postingan itu memperlihatkan sang influencer tengah berada di gudang spare parts milik Hyundai. Tak ditulis lokasi gudangnya. Yang pasti, ada tiga foto dalam postingan tersebut.

Baca Juga: Hyundai Motor Indonesia (HMID) Jawab Keluhan Soal Dasbor Dan Door Trim Stargazer

Dalam captionnya, Hyundai diklaim punya garansi 111 jenis spare part yang ready dalam 24 jam. Namun, banyak komentar yang disampaikan di kolom komentar adalah keluhan pengguna Hyundai tentang spare parts.

KabarOto mencoba melakukan Direct Message (DM) kepada pemilik instagram yang meninggalkan komentar di postingan tersebut. Akun @garasi_blekedet bercerita bahwa bahwa dirinya inden diffuser belakang Hyundai Ioniq 5.

Awalnya, kendaraan bermotor listrik berbasis baterai miliknya ditabrak sepeda motor. Seingat dia, kendaraan tersebut masuk asuransi selama satu minggu dan inden spare partsnya sekitar 6 bulan. Saat itu, ia sudah dengar banyak komplain soal inden spare parts Hyundai.

"Dari sisi konsumen ya kecewa, karena ketersediaan parts slow moving seperti ini. Tidak make sense mobil CKD, parts seperti itu harus nunggu 6 bulan," terang @garasi_blekedet.

Ilustrasi (KabarOto/Kipli)

Menurutnya, inden spare parts hingga berbulan-bulan untuk mobil yang notebene diproduksi di dalam negeri tidak masuk akal. "Saya pakai VW, dengan spare part yang sama indennya hanya 2 minggu yang datang dari Singapura, kalau datang dari Jerman inden 1 bulan. Bahkan order spare part Mazda dari Singapura, 2 hari bisa sampai," jelas dia.

Senada, pemilik akun instagram @Prasetya.achmad1904 juga mengeluhkan hal yang hampir sama. Ia bercerita, awalnya lampu utama dan DRL Hyunda Staria memiliki masalah, yakni berembun.

"Tapi di Hyundai Tajur yang teramat sangat lama responnya, dipanggil untuk cek kondisi fisik saja tidak," ucap akun @Prasetya.achmad1904.

Ia mendapat saran agar mobilnya dibawa ke diler Hyundai di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan. "1-2 minggu direspon dan dilakukan perbaikan. Kalau untuk foot step elektrik baru kami dapat bulan kemarin (Mei), kurang lebih hampir 1 tahun dari pembelian, karena pembelian di bulan Agustus 2022," jelas dia.

Baca Juga: Hyundai Motor Indonesia Selesaikan Keluhan Cat Mobilnya Yang Terkelupas

KabarOto melakukan konfirmasi terkait keluhan para pemilik Hyundai tersebut kepada Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur. Pesan Whatsapp (WA) kepada Makmur tak berbalas. Tak lama, tim Public Relation PT HMID menginformasikan bahwa Makmur tengah berada di luar kota.

"Terkait pertanyaan mengenai 111 parts yang tersedia tersebut merupakan fast moving parts, sebagai bagian dari program Hyundai Genuine parts availability 24 hours or free, dan bahkan hingga saat ini belum ada claim free parts untuk program tersebut," ujar Uria Simanjuntak, Head of Public Relations PT Hyundai Motors Indonesia.