Puluhan Isuzu ELF Versi Modifikasi Riuhkan Jogjakarta Truck Festival 2018

Puluhan Isuzu ELF versi Modifikasi Riuhkan Jogjakarta Truck Festival 2018 Isuzu di ajang Jogjakarta Truck Festival 2018

KabarOto.com - Ratusan truk modifikasi melebur jadi satu di ajang Jogjakarta Truck Festival (JTF) 2018 di Jogja Expo Convention, Yogyakarta (8-9/09/2018). Tercatat ajang ini melibatkan 140 truk, 35 pick up serta puluhan miniatur truk hadir menjadi peserta JTF.

Kegiatan ini melibatkan seluruh komunitas pemilik truk di Indonesia, mulai dari Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Cirebon, Jakarta, Lampung, Jambi, Jepara, Malang, Kudus, dan Bali. kemudian Lombok, Semarang, Blitar, dan Yogyakarta sebagai tuan rumah.

Baca juga: Isuzu Hadirkan D-Max V-Cross Di Thailand

"Ini merupakan ajang modifikasi truk pertama kalinya yang digelar secara profesional. Tak kurang dari 195 peserta terlibat dan berkompetisi disini memperebutkan sebanyak 15 kategori yang dilombakan," ungkap Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KRMT) Indro Kimpling Suseno, Ketua Penyelenggara di pembukaan JTF 2018, (8/9/2018).

Jogjakarta Truck Festival 2018

Truk-truk tersebut turun di beberapa kategori di antaranya, The Best Truck Exterior, The Best Truck Interior, Extreme Modification dan lain-lain.

Acara ini bertujuan sebagai wadah kreativitas dan wadah seni kreasi bagi para pengguna dan pemilik truk. Mulai dari modifikasi eksterior dengan tampilan cat, cutting sticker, airbrush, hingga bagian interior serta aplikasi sistem motorise.

Berbagi merek truk turun di ajang kreativitas ini, salah satunya truk Isuzu. Ada belasan truk Isuzu ELF tipe NMR71 yang dimodifikasi dengan tampilan cat, cutting sticker serta airbrush, hingga bagian interior serta aplikasi sistem motorized.

Ajang ini juga diikuti salah satu karoseri ternama yakni Bawor Maju Jaya. Menurut perusahaan karoseri asal Banyumas ini biaya per truk mencapai Rp 150 jutaan.

"Sisi kabin yang paling rumit dimodifikasi. Tantangan terberatnya di sektor ini karena harus kami bongkar semua. Di sisi lain, urusan cat juga bisa menyedot biaya cukup besar. Bisa dibayangi mas, kalau harga cat untuk truk itu bisa mencapai harga Rp 2 juta per kg. Dan rata-rata untuk menggarap satu unit truk itu bisa menghabiskan sebanyak 5 kg," cerita Taryo, salah satu teknisi Bawor Maju Jaya.

Jogjakarta Truck Festival 2018

Lebih jauh Taryo pun menegaskan bahwa seluruh truk yang dimodifikasi tersebut hanya sebatas pada sektor tampilan saja, dan tetap mengutamakan faktor keamananan. Selain itu, tidak ada penambahan atau pengurangan bagian-bagian lain khususnya sektor mesin dan fitur safety.