POPULAR STORIES

Punya Motor Hobi Sering Nongkrong Di Garasi? Begini Perlakuannya Agar Awet

Punya Motor Hobi Sering Nongkrong di Garasi? Begini Perlakuannya Agar Awet Punya Motor Hobi Sering Nongkrong di Garasi? Begini Perlakuannya Agar Awet (Kipli)

KabarOto.com - Merawat sepeda motor yang jarang digunakan memerlukan perhatian khusus agar tetap dalam kondisi optimal, apalagi Sobat punya motor hobi yang hanya dipakai saat-saat tertentu saja.

Saat sepeda motor tidak aktif dalam waktu yang lama, beberapa masalah seperti kerusakan baterai, korosi pada bagian bahan bakar, dan masalah pelumasan dapat muncul. Oleh karena itu, langkah-langkah perawatan yang tepat diperlukan untuk menjaga kondisi sepeda motor tetap prima meskipun jarang digunakan.

Baca Juga: Panel Spidometer Digital, Begini Cara Merawatnya

"Isilah daya aki secara berkala untuk menghindari aki yang lemah karena jarang digunakan. Periksa dan pertahankan tekanan udara yang tepat pada ban untuk mencegah kerusakan atau kempis. Isi tangki dengan bahan bakar yang sesuai agar cegah korosi pada tangki dan kerusakan pada sistem pembakaran akibat endapan," ujar Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman.

Ia juga menyarankan untuk melakukan pemanasan mesin secara teratur, menghidupkan mesin secara berkala dapat menjaga kondisi mesin dan sistem mekanisme lainnya. Simpan motor di tempat yang kering, terlindung dari sinar matahari langsung, dan jika memungkinkan, tutupi dengan penutup motor.

"Pastikan oli mesin dalam kondisi baik dan lakukan penggantian pelumas sesuai jadwal yang direkomendasikan. Pastikan cairan pendingin dalam kondisi cukup dan sistem pendinginan berfungsi dengan baik," lanjutnya.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja Fitur Blind Spot Monitoring

Tidak lupa untuk ganti bagian-bagian yang perlu jika terdapat tanda-tanda keausan atau kerusakan. Dengan merawat motor secara berkala, Sobat dapat mempertahankan kinerja optimal mesin dan mencegah masalah yang mungkin timbul akibat jarang digunakan.

"Jika motor akan disimpan untuk jangka waktu yang lama, angkat roda depan menggunakan stang penyangga atau gunakan alas yang sesuai agar ban tidak menyentuh permukaan yang keras," tutupnya.