POPULAR STORIES

Mengenal Cara Kerja Fitur Blind Spot Monitoring

Mengenal Cara Kerja Fitur Blind Spot Monitoring Mengenal Cara Kerja Fitur Blind Spot Monitoring (Foto: Peugeot)

KabarOto.com - Pengalaman berkendara yang Aman dan nyaman jamak ditemukan pada kendaraan modern, berbagai fitur keselamatan disematkan di mobil-mobil keluaran terbaru, contohnya Blind-Spot Monitoring.

Blind-Spot Monitoring adalah fitur yang berfungsi untuk memperingati driver, ketika pengemudi sedang berkendara di kecepatan tertentu dan mendeteksi hambatan di sekitar kendaraan.

"Secara otomatis, fitur berupa Ultrasound Sensors di bodi mobil yang terkoneksi electric control unit, memberi tanda peringatan berupa lampu dan bunyi-bunyian. Inilah saat fitur safety langsung aktif bekerja," ucap Samsudin selaku Aftersales Support PT Astra Peugeot.

Baca Juga: Kopling Transmisi E-Clutch, Begini Cara Kerjanya

Ketika berkendara biasanya terdapat area yang tidak bisa dilihat pengemudi. Hal itu yang diberi nama area Blind-spot. Titik Blind-spot merupakan area berbahaya bagi pengemudi. Maka hadirnya fitur ini dapat membantu driver ketika ada kendaraan lain yang sedang berada di area titik tersebut. Biasanya fitur ini akan berfungsi ketika mobil yang dikendarai dalam kecepatan tertentu.

Blind-Spot Monitoring dilengkapi beberapa sensor berupa Ultrasound Sensors biasanya terpasang di area bumper belakang dan kaca spion bagian bawah. Sensor-sensor akan mengidentifikasi berbagai kendaraan di sekitar mobil.

"Pada kecepatan antara 12 kpj hingga 140 kpj, fitur langsung aktif. Artinya, jika ada kendaraan lain yang tidak terlihat maka fitur ini akan berfungsi dan akan memberikan peringatan," ujarnya.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja E-Brake Atau Rem Tangan Elektrik

Dalam artian sistem Blind-spot Monitoring akan memantau keadaan di sekitar kendaraan. Biasanya ketika ada kendaraan lain yang hendak berpindah lajur, maka sistem akan otomatis memberikan peringatan. Hal ini tentu dapat menghentikan pengemudi untuk berpindah lajur dan tetap di jalur aman.

“Ketika sensor mengidentifikasi ada objek di dekat mobil, sensor akan mengirimkan sinyal. Sinyal dapat terlihat pada icon blind spot monitor berupa flashing indikator cermin di kaca spion. Namun sinyal yang diberikan sensor berbeda-beda tergantung darimana objek tersebut dekat ke mobil. Dengan bagitu pengemudi dapat menjangkau area Blind-spot dan segera untuk lebih berhati-hati,” kata Samsudin.

Ia bilang, meski fitur Blind-spot Monitoring sangat membantu pastikan driver tetap selalu waspada saat berkendara. Sebab sebuah teknologi bisa saja memiliki kekurangan. Pengemudi tetap selalu memperhatikan jalan dan sekelilingnya. Pastikan bahwa keadaan sekitar aman sebelum berpindah lajur agar terhindar dari kecelakaan.