POPULAR STORIES

Kopling Transmisi E-Clutch, Begini Cara Kerjanya

Kopling Transmisi E-Clutch, Begini Cara Kerjanya Kopling Transmisi E-Clutch (Honda Europe)

KabarOto.com - Honda tengah memperkenalkan teknologi baru mereka di kelas big bike yakni kopling transmisi E-Clutch. Dikawinkan dengan perangkat keras yang sudah ada sejak lama, E-Clutch juga memodernisasi pengalaman berkendara pada dua sepeda motor kelas menengah Honda untuk tahun 2024.

Melansir ride apart, sistem ini adalah sepasang motor servo yang dipasang pada penutup mesin khusus E-Clutch yang membantu pengguna dan memungkinkan sepeda motor, memiliki kemampuan menaikkan dan menurunkan gigi yang lebih canggih serta menambah kenyamanan.

Kedua motor elektronik ini, juga akan menarik kopling saat sepeda motor berhenti, sehingga mesin tidak akan mati. Saat tiba waktunya untuk melaju, pengendara hanya perlu menarik gas dan melaju.

Baca Juga: Menilik Spesifikasi Calon Motor Juara Dakar 2024, Honda CRF450 Rally Monster Energy Honda

"Honda E-Clutch terbaru kami dirancang untuk memberikan pengalaman baru bagi pengendara yang membuat berkendara menjadi lebih menyenangkan dan mengasyikkan," jelas Junya Ono selaku Pemimpin Proyek Besar dalam proyek Honda E-Clutch.

Selain itu, sistem ini juga menawarkan ketenangan dalam pengoperasian yang bebas dari kesalahan dan kenyamanan yang dibutuhkan untuk berkeliling kota tanpa stres.

Sistem ini dikelola melalui unit aktuator yang berkomunikasi dengan ECU Honda, untuk menentukan apakah kopling perlu diaktifkan atau dilepaskan, tergantung pada kecepatan motor dan putaran mesin.

Hal yang penting adalah bahwa sistem ini masih didasarkan pada tuas kopling tradisional dengan kabel. Artinya, seandainya sistem ini gagal atau pengendara menginginkan kontrol manual sepenuhnya.

E-Clutch dapat dinonaktifkan dengan menggeser-geser menu pada layar TFT 5 inci. Dalam kasus terburuk, seandainya sistem gagal total atau mengalami kerusakan, kopling masih dapat dioperasikan secara normal dengan menggunakan tuas.

Baca Juga: Honda Pamer Mobil-mobil Kecenya Di Tokyo Auto Salon 2024

Sistem ini memprioritaskan pengoperasian kopling secara manual, dan sistem ini ada untuk menarik kopling bagi pengendara dan mencegah mesin mati. Saat berkendara dan saat aktif, sistem ini akan memungkinkan perpindahan gigi ke atas dan ke bawah secara halus.

Pengendara dapat menyempurnakan agar sesuai dengan selera mereka, dan Honda telah memberikan tiga mode keterlibatan dengan sistem yaitu Soft, Medium, dan Hard. Pengendara juga akan diberitahu tentang aktivitas E-Clutch melalui notifikasi di dasbor.