POPULAR STORIES

PUPR Kebut Pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal

PUPR Kebut Pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal Pembangunan Lingkar Luar Brebes-Tegal (PUPR)

KabarOto.com - Pemerintah, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terus meningkatkan konektivitas di berbagai daerah.

Di samping pembangunan jalan tol, Kementerian PUPR juga melakukan pembangunan dan pemeliharaan jalan arteri nasional.

Baca Juga: Beli Peugeot 3008 Dan 5008 Allure Plus, Selama 5 Tahun Tinggal Isi Bensin

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan, dihadirkan untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan pengendara.

Salah satu jalan yang saat ini sedang dibangun adalah Lingkar Brebes-Tegal di Provinsi Jawa Tengah. "Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar. Untuk itu pembangunannya akan terus dilanjutkan dengan tetap memperhatikan protokol physical & social distancing," ujar Basuki.

Pembangunan dikebut dengan menerapkan safety

Jalan nasional yang memiliki panjang sekitar 17 kilometer tersebut, dibangun untuk melancarkan arus lalu lintas di Brebes dan Tegal yang nantinya bakal menjadi kawasan Industri di jalur Pantai Utara (Pantura) Barat.

Pembangunan jalan yang telah dimulai sejak awal tahun 2020 tersebut, saat ini progresnya sudah sebesar 14,68% lebih besar dari target rencana sebesar 8,45%.

Pembangunan jalan lingkar yang menghubungkan Brebes dan Kota Tegal Kecamatan Bulakamba itu, sebenarnya pernah dimulai pada 2012, namun terhenti (mangkrak) pekerjaannya pada 2013, karena suatu kendala.

Baca Juga: Ini Cara Menghilangkan Bosan Akibat #DiRumahAja Ala Daihatsu

"Keberadaan jalan ini, juga sangat dibutuhkan keberadaanya untuk mendukung kelancaraan saat arus mudik," jelas Basuki.Selain itu, dengan adanya jalan lingkar tersebut, kondisi jalan Jalur Pantura dalam kota Brebes juga bisa lebih awet, karena kendaraan besar memiliki jalur alternatif.

"Sehingga pada akhirnya diharapkan juga akan menekan angka laka lantas di jalur nasional Brebes.Dengan keberadaan jalan lingkar tersebut diharapkan nantinya juga akan memberikan dampak positif peningkatan ekonomi masyarakat setempat," pungkas Basuki.