POPULAR STORIES

Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Berencana Bangun Kota Nol Emisi

Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Berencana Bangun Kota Nol Emisi Ilustrasi mobil otonom

KabarOto.com – Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman berencana untuk membangun kota nol karbon yang akan dibangun di Neom.

Proyek tersebut akan bernama The Line dan akan menjadi rumah bagi jutaan orang dan memiliki sistem transit berkecepatan tinggi dengan solusi mobilitas otonom.

Pangeran sendiri mengungkapkan bahwa proyek ini akan dimulai pada kuartal pertama tahun 2021. Dan Arab Saudi perlu untuk mengubah konsep kota konvensional menjadi kota yang futuristik.

Baca Juga : Terjangkit Korsleting Listrik, Ratusan Ribu Hyundai Tucson Kena Recall

Mohammed Bin Salman

“Satu juta orang harus pindah ke kota ini pada 2050 untuk menekan emisi karbon. Mengapa kita harus mengorbankan alam demi pembangunan? Mengapa tujuh juta orang meninggal setiap tahun karena polusi? Mengapa kita harus kehilangan satu juta orang setiap tahun karena kecelakaan lalu lintas,” ucap Mohammed bin Salman.

Proyek The Line disebutkan akan menelan biaya sebanyak US$500 miliar dan didanai oleh pemerintah Arab Saudi, PIF dan investor local serta global selama 10 tahun. Diprediksi, kota ini akan menciptakan 380.000 lapangan pekerjaan baru pada 2030.

Baca Juga : Fisik Dan Emosi Dipermainkan Di Dakar

Lokasi proyek The Line yang berada di Neom, barat laut Arab Saudi. Kota Neom merupakan tempat perdagangan bebas masa depan yang direncanakan Kerajaan Arab Saudi bekerjasama dengan perusahaan minyak Saudi Aramco.

Nantinya, kota nol karbon ini akan memiliki luas mencapai 26.500 km persegi dan akan melintasi tiga Negara, yaitu Arab Saudi, Mesir dan Yordania.

Berita Terkait

Berita Terkait