POPULAR STORIES

Rahasia Mobil Formula E Tercepat, Ternyata Pada Bagian Ini

Rahasia Mobil Formula E Tercepat, Ternyata Pada Bagian Ini Rahasia Mobil Formula E Tercepat, Ternyata Pada Bagian Ini (Sabic)

KabarOto.com - Sabic, sebuah perusahaan kimia terdiversifikasi terkemuka dunia, secara resmi mengumumkan penggunaan material milik perusahaan dalam mobil Genbeta, yang dinobatkan sebagai kendaraan bermotor dalam ruangan tecepat di dunia.

Mobil ini dipajang di Hankook London E-Prix 2023 sejak hari Sabtu, 28 Juli 2023. Mobil itu berhasil memecahkan rekor dunia bersama pembalap mobil ABB FIA Formula E World Championship Jake Hughes (Tim NEOM McLaren Formula E) dan Lucas di Grassi (Mahindra Racing), kecepatan mobil ini ditunjukkan dalam format Duals untuk kualifikasi balapan Formula E.

Jake Hughes mencapai kecepatan tertinggi pada 218,71 kpj, mencapai rekor dunia baru. Kendaraan yang digunakan merupakan bagian dari proyek pengembangan dan inovasi Genbeta yang ditujukan untuk mengeksplorasi material dan teknologi baru untuk mobil balap dan jalanan masa depan.

Baca Juga: Penantian Porsche Incar Gelar Juara Dunia Di Balap Pamungkas Formula E London

Dibuat berdasarkan mobil Gen3, pihaknya membantu pengembangan mobil listrik tercepat, teringan, terkuat, dan paling efisien yang mendukung ambisi perusahaan untuk mengakselerasi elektrifikasi dan netralitas karbon dunia.

Termoplastik yang dikembangkan secara khusus untuk memberi kebebasan dalam mendesain. Termoplastik tersebut dapat meningkatkan aerodinamika kendaraan sehingga berkontribusi dalam peningkatan performa akeselerasi dan kecepatan.

Baca Juga: Simak Spesifikasi Mitsubishi Triton Untuk Balap AXCR 2023

• Sisi ujung sayap depan – Dipasang pada sisi luar ujung sayap depan kendaraan, elemen ini dibentuk dengan manufaktur aditif atau proses 3D printing yang dikenal sebagai fused deposition modeling. Elemen ini merupakan elemen integral dalam mengatur alur angin di sekitar ban depan untuk mengurangi drag dan berkontribusi dalam menjaga kestabilan dan downforce kendaraan.

• Wheel fins – Komponen berikut dibuat melalui cetakan injeksi dengan termoplastik keberlanjutan SABIC yang didaur ulang secara mekanis dan merupakan bagian dari portofolio materi sirkular Trucircle. Komponen ini dipasang pada pelek dengan pola melingkar, seperti spokes, ditujukan untuk mengoptimasi alur udara dan mengurangi drag aerodinamika agar meningkatkan performa akselerasi dan kecepatan. Sebagai manfaat tambahan, fins ini juga dapat meningkatkan efisiensi mobil secara umum dan membantu menurunkan suhu rem sehingga meningkatkan kemampuan rem.

• Deflektor angin – Bagian transparan ini dilapisi produk lapisan termoplastik, dibuat melalui proses ekstrusi dengan materi bio-renewable dan rendah karbon dari portofolio Trucircle. Komponen ini dipasang pada sisi depan kokpit, di depan pembalap, dan mendukung optimisasi alur angin untuk mengurangi drag sehingga meningkatkan performa kecepatan.