POPULAR STORIES

Rahasia Proses Produksi Ban Pirelli Di Pabrik Evoluzione Tyres Terungkap

Rahasia Proses Produksi Ban Pirelli di Pabrik Evoluzione Tyres Terungkap proses demi proses sangat ketat. Mesin yang dijalankan di pabrik ini juga online dari Milan. (Foto: Dok Astra Oto Parts)

Tentunya Bro and Sist sangat mengenal ban Pirelli. Ban yang kualitasnya tidak lagi diragukan keunggulannya untuk para penunggang motor. Nyaman, Aman dan baik untuk handling serta baik untuk kecepatan cepat dan baik juga untuk di jalan basah. Yang menjadi pertanyaan kini, tahukah Bro and Sist bagaimana proses ban Pirelli tersebut dihasilkan di pabriknya, di Subang, Jawa Barat?

Media online kabaroto berkesempatan meninjau dan melihat-lihat proses pembuatan ban Pirelli di pabriknya, Evoluzione Tyres. Di sini, Evoluzione Tyres hanya mencetak ban motor. Type ban yang dihasilkannya adalah, ban Pirelli, Mitzeller dan Aspira. Yuks intip pembuatan ban kualitas kelas dunia ini.

Evoluzione Tyres berdiri di atas lahan 32 hektar. Di pabrik ini ada beberapa tahapan untuk menghasilkan sebuah ban dengan kualitas yang sangat baik. Diantaranya, tahapan Material, Proses dan Finishing.

Pantauan kabaroto dilokasi, pabrik ini dirancang dengan desain yang sangat baik serta dilengkapi dengan fasilitas lainnya untuk Sumber Daya Manusia, seperti halnya tempat ibadah yang sangat luas, beberapa ruangan yang sangat-sangat lebar dan luas untuk mencetak ban tersebut. Bukan Evoluzione Tyres jika tidak memikirkan area tempat tinggal untuk para Direksi pabrik. Iya, di Evoluzione Tyres terlihat banyaknya guest house sebagai sarana pemukiman.

Masuk ke ruangan pabrik Evoluzione Tyres, ban Pirelli, Mitzeller dan Aspira, terlihat adanya ruangan laboratorium. Fungsi laboratorium ini adalah sebagai pengecekan mulai dari bahan material yang sesuai dengan standarisasi kualitas Pirelli dunia. Semua hasil bahan material tersebut di cek di laboratorium. Usai lulus barulah bahan material tersebut masuk ke tahap proses.

Singkatnya, proses demi proses sangat ketat. Mesin yang dijalankan di pabrik ini juga online dari Milan. Bila tidak ada yang sesuai dengan spesifikasi ataupun standar Pirelli mesin tersebut secara otomatis akan terhenti.

Di dalam pembuatan ban Pirelli, Mitzeller dan Aspira, terdapat proses curing, visualisasi inspection dan Instrumental inspection (balance and Uniformity). Proses inilah diantaranya yang sangat menentukan ban tersebut lolos atau tidaknya untuk di distribusikan. Untuk tahapan ini adalah rangkaian yang sangat ketat. Contohnya, visualisasi inpection adalah proses pengecekan ban dengan yang terlihat oleh mata, caranya ban tersebut diraba perlahan-lahan, apakah ada yang tidak sesuai dengan standarisasi Pirelli. Bila lulus penyaringan ini, kemudian dilanjutkan dengan langkah proses instrumental inspection (balance and Uniformity) yakni, proses yang di cek dengan mesin. Dan jika sudah lolos dari tahapan ini barulah ke step berikutnya, packing yang siap di distribusikan.

Baca Juga: