POPULAR STORIES

Rahasia Rem Brembo Hadapi Formula 1 2022

Rahasia Rem Brembo Hadapi Formula 1 2022

KabarOto.com - Seri pembuka Formula 1 2022 di sirkuit Sakhir, Bahrain, (20/3), produsen rem Brembo sudah menyiapkan set rem cakram baru. Guna hadapi regulasi baru, terutama mengimbangi pelek diameter 18 inci dari yang sebelumnya 13 inci.

Set rem cakram baru untuk musim F1 2022, tentunya diameter kian besar. Dari sebelumnya 278 mm untuk rem depan, kini diameter 328 mm, untuk ketebalan cakram masih 32 mm. Sedangkan untuk roda belakang dari 266 mm menjadi 280 mm, namun ketebalan bertambah, sebelumnya 28 mm menjadi 32 mm.

Baca juga: MotoGP 2022, Brembo Perkenankan Pembalap Pilih Selera

Brembo persiapkan kaliper untuk pelek 18 inci



Regulasi yang berpengaruh terhadap aerodinamika dan pendinginan cakram, juga diikuti oleh Brembo dengan menggeser penempatan kalipernya dan kampasnya. Oh iya Sob, kampas berlubang dilarang di regulasi kali ini.

Lubang cakram juga kini bisa direduksi, dari sebelumnya bisa mencapai 1.480 lubang dengan diameter 2,5 mm. Tahun ini hanya 1.000 - 1.100 lubang di depan, sedangkan untuk belakang sekitar 900 lubang dari sebelumnya 1.050 lubang. Hal ini berkat lubang di cakram minimalnya 3 mm.

Kaliper baru tidak boleh dilubangi



Perihal bobotnya, bertambah 700 gram di tiap roda. Diyakini ada tambahan hampir 3 kg terhadap bobot kendaraan berbanding musim lalu. Kaliper berbahan billet total ada enam piston yang memang sesuai regulasi.

Baca juga: Brembo Suplai Kaliper Rem Khusus Ford Mustang Mach-E GT

Ada 10 tim akan dipasok sistem pengeremannya oleh Brembo, sisanya adalah AP Racing yang juga bagian dari Brembo Group.

lubang di cakramembantu pendinginan

Perusahaan yang berbasis di Coventry ini memepersilakan tim balap melakukan penyesuaian agar bobot bisa lebih ringan tapi kuat. Setiap tim akan ada orang yang bertanggung jawab penanganan rem. Ditambah pula sensor temperatur cakram dan kaliper, sehingga pengendara bisa mengoptimalkan pengereman.