MotoGP 2022, Brembo Perkenankan Pembalap Pilih Selera

MotoGP 2022, Brembo Perkenankan Pembalap Pilih Selera

KabarOto.com - Jelang seri pembuka MotoGP 2022, Brembo - pemasok tunggal rem untuk 24 pembalap di kelas MotoGP - mengabarkan telah melakukan penyempurnaan sistem pengereman.

Oh iya, Brembo melakukan ini untuk mempertahankan kepercayaan meski sudah mengantongi 33 titel Juara Dunia, 34 Juara Dunia Konstruktor dan kemenangan lebih dari 500 GP.

Baca juga: BMW 330e M Sport Jadi Safety Car MotoGP Mandalika 2022

Hadapi musim MotoGP 2022, sebanyak 12 tim sudah menyatakan kepercayaan diri kepada Brembo akan produk performa tinggi, daya tahan, dan hadirkan keselamatan.



Perangkat Brembo lengkap yang disempurnakan mulai dari kaliper rem, cakram karbon, silinder master rem, pompa rem dan kampasnya. Oleh Brembo mempersilakan setiap pembalap memberikan masukan sesuai dengan karakter berkendara, lintasan hingga strategi balapnya.

Adapun GP4 kaliper akan masih menjadi andalan para pembalap MotoGP yang sebelumnya sudah diperkenalkan tahun 2020. Berupa kaliper aluminium monoblok baru yang dibuat dari bongkahan alumunium berfitur radial dan empat piston.

Desain GP4 mengaplikasikan sirip eksternal dengan tambahan beberapa fitur inovatif, serta dikombinasikan yang membuat kaliper menjadi anti-drag, meningkatkan gaya tekan saat pengereman. Dipastikan tingkat pengereman sesuai dengan pergerakan tuas rem.



Agar sesuaid engan karakter pengendaranya, Brembo suguhkan 12 pilihan cakram dengan enam pilihan diameter dengan spesifikasi material High Mass atau Standard Mass.

Meskipun kebanyakan pembalap akan memilih ukuran diameter cakram 340 mm yang dibedakan antara High Mass atau Standard Mass. Selain itu, beberapa tim juga masih mempercayakan diameter 320 mm dengan dua tipe serupa.

Cakram karbon dengan ventilasi berdiameter 355 mm juga sempat diuji di pramusim Sepang dan Mandalika. Diyakini memberikan keuntungan pembalap lebih presisi saat pengereman agar cakram tetap terjaga suhunya. Dirancang memang untuk menaklukkan sirkuit banyak tikungan berpengereman kuat, termasuk sirkuit Spielberg, Motegi, dan Buriram.

Baca juga: Ride To Mandalika MotoGP 2022, Punya Misi Bangkitkan Sektor Pariwisata



Pelek Marchesini yang ternyata bagian dari kepemilikan Brembo juga menjadi kepercayaan banyak tim di MotoGP. Setidaknya delapan dari 12 tim memrepcayakan pelek bermaterial magnesium.

Adapun Marchesini ada pilihan Y 5 bilah dan 7 bilah untuk di depan, dan 7 bilah hanya untuk belakang. Keungguan dari pelek ini adalah bobotnya yang ringan, desainnya mampu membuat motor tetap berpijak meski kemiringan 60 derajat.