POPULAR STORIES

Ramadan Bersama Komunitas BrothersipX Yang Sarat Edukasi, Ini Kegiatannya

Ramadan Bersama Komunitas BrothersipX yang Sarat Edukasi, Ini Kegiatannya BSX

KabarOto.com - Brothersipx (BSX) kembali menggelar aksi sosial di bulan Ramadan, kali ini bertema Ramacharity yang artinya charity rutin setiap bulan Ramadan, dengan tema edukasi dan hiburan selain acara utama yakni donasi atau santunan.

“Ramadan tahun ini kami menggandeng teman teman mahasiswa, seperti Fakultas kedokteran Universitas Lampung dan UKMBS Universitas Malahayati untuk berbagi pengalaman dan wawasan kepada adik – adik panti kita,” terang Dea selaku Ladies Bikers di BSX yang mengorganisir agenda kali ini.

Setelah perkenalan dengan warga panti, pihaknya memperkenalkan sekilas tentang dunia medis beserta peralatan standar medis, “kadang di lingkungan masih ditemukan anak-anak yang takut untuk melakukan pengobatan ke klinik atau dokter, disini kami memberikan gambaran dengan mempraktikkan langsung,” ujarnya.

Baca Juga: Bagi Buku Dan Tanam Pohon, Begini Sunmori Ala Komunitas BrothersipX (BSX)

Sesi ke-2 diisi dengan edukasi kebersihan, seperti scabies yang menyebabkan gangguan kesehatan akibat kurang terjaganya kebersihan, baik secara lingkungan ataupun pola diri sendiri.

"Kami juga menyampaikan wawasan tentang kanker serviks, bahayanya, gejala, dan bagaimana antisipasi pencegahannya. Kita mengadakan game interaktif yang memancing animo peserta dengan hadiah, dan memberikan perlengkapan P3K, vitamin dan obat–obatan ringan, donasi dari Apotek Restu Ibu kepada pengurus panti,” Terang Nana dari Pengmas FK Unila.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa yang hampir tiba, ada Mang Adi BSX selaku pegiat literasi pendiri Busa Pustaka, berbagi cerita dan motivasi kepada adik–adik panti untuk terus bersemangat menuntut ilmu dan wawasan, yang tidak terbatas pada dunia formal saja.

Baca Juga: Cara Komunitas Brothersipx Lestarikan Permainan Tradisional

Setelah berbuka puasa bersama dan ibadah, Andre Baron dari BSX dan perwakilan UKMBS Malahayati memberikan edukasi tentang listrik dan instalasi sederhana, “jangan lupa, selalu berhati-hati dengan perangkat elektronik dan minta pendampingan kepada orang yang lebih dewasa untuk hal kelistrikan,” pesan mereka.

Pihaknya beranggapan bahwa komunitas bisa menjadi wadah yang sangat positif dan berkembang untuk membawa manfaat bagi orang banyak.