POPULAR STORIES

Ramai Soal Sunmori, Sobat Wajib Terapkan Safety Riding Seperti Ini

Ramai Soal Sunmori, Sobat Wajib Terapkan Safety Riding Seperti Ini Sunmori juga perlu menerapkan safety riding. (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Pada saat ini, istilah "Sunday Morning Ride" (Sunmori) telah menjadi kebiasaan di kalangan pengendara motor atau pecinta motor di Indonesia, yang merujuk pada kegiatan berkendara motor menuju destinasi menarik atau area dengan pemandangan indah pada pagi hari Minggu.

Kegiatan tersebut, walaupun hanya untuk menikmati udara segar pagi dan berkumpul dengan sesama pecinta motor, ternyata menarik minat banyak pengendara motor. Berikut beberapa saran untuk tetap terlihat keren dan bergaya, serta merasa aman dan nyaman saat berkendara motor.

Hal yang pertama dan paling utama adalah selalu gunakan riding gear saat pergi kemanapun, saat sunmori dan berkumpul dengan sesama pehobi motor yang lain, kita bisa menjadikan riding gear kita sebagai outfit yang kita sesuaikan dengan selera fashion kita.

Baca Juga: Galeri Keseruan Sunmori Mocaves Bareng Roemah Koffie Carstensz JHL Group

Dengan berbagai jenis helm yang tersedia di pasaran kita bisa menyesuaikan dengan gaya kita masing-masing bisa bergaya sporty, klasik, atau kasual, yang paling penting adalah minimal helm yang kita gunakan sudah sesuai berstandar SNI.

Selain helm, jangan lupa juga untuk gunakan jaket riding yang cocok dan pastikan pas dengan tubuh kita, tidak terlalu longgar atau tidak terlalu sempit, gunakan celana panjang, sarung tangan dan sepatu.

Sebelum berkendara kita harus memastikan bahwa motor yang kita gunakan dalam keadaan yang prima dan baik untuk dikendarai, beberapa hal penting yang harus dipastikan dalam kondisi yang baik diantaranya adalah ban, pengereman, dan kelistrikan. Pengendara harus memastikan bahwa semua komponen tersebut dalam kondisi yang baik dan tidak terjadi malfungsi atau kerusakan pada sistemnya.

Baca Juga: Keren, Modifikasi Ala Sunmori New Honda CBR250RR Dari Bekasi

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, saat kita melakukan aktivitas sunmori tentu akan banyak juga pengendara lain yang berkunjung ke destinasi yang sama.

Dengan berbagai gaya berkendara yang berbeda, kita harus mampu mengendalikan kendaraan kita tanpa terpancing emosi oleh pengendara lain yang mungkin terlihat kebut-kebutan di jalan atau tidak memperhatikan keselamatan.

“Hal utama dan yang paling penting adalah bisa kembali pulang ke rumah dengan keadaan sehat dan selamat, motor bisa menjadi teman saat kita berpergian kemanapun, namun bisa menjadi berbahaya juga apabila kita tidak bijak saat menggunakannya,” tutup.