POPULAR STORIES

Ratusan Kia Sorento Dan Hyundai Santa Fe Hybrid Ditarik Kembali

Ratusan Kia Sorento dan Hyundai Santa Fe Hybrid Ditarik Kembali Hyundai Santa fe Hybrid (Foto: Hyundai)

KabarOto.com - Ratusan Kia Sorento Plug-in Hybrid dan Hyundai Santa Fe Plug-in Hybrid yang dipasarkan di Amerika Serikat ditarik kembali karena berpotensi mengalami kebocoran bahan bakar.

Penarikan produk yang dilakukan oleh Kia dan Hyundai mengungkapkan bahwa tangki bahan bakar kedua kendaraan mungkin telah diproduksi secara tidak benar, yang dapat mengakibatkan kebocoran bahan bakar pada lapisan antara bagian tangki, sehingga meningkatkan resiko kebakaran.

Baca Juga: Produksi Terakhir, Kia Stinger Tribute Edition Hanya Tersedia 1.000 Unit

Pemberitahuan penarikan Hyundai menjelaskkan bahwa "pencetakan tidak memadai yang disebabkan oleh kerusakan penggiling bahan sebelum ekstrusi cetakan" adalah alasan potensi kebocoran bahan bakar. Pemilik mobil bisa memperhatikan bau bahan bakar atau kebocoran bahan bakar yang terlihat karena kesalahan tersebut.

Kia Sorento Hybrid

Kia Amerika Utara pertama kali menyadari potensi masalah pada Juni 2022 ketika menerima klaim garansi yang disebabkan kebocoran tangki bahan bakar pada Kia Sorento Plug-in Hybrid 2022. Kemudian menerima klaim garansi kedua pada Juli 2022 dan mengirim tangki bahan bakar yang rusak ke kantor pusat Kia, di mana mereka melakukan penyelidikan dan masalahnya diidentifikasi.

Baca Juga: Kia XCeed 2023 Bawa Perubahan Desain Dan Pilihan Mesin Penggerak

Penarikan kembali melibatkan total 34 unit Kia Sorento Plug-in Hybrid yang diproduksi antara 12 April 2022 dan 26 April 2022, sedangkan 326 unit Hyundai Santa Fe Plug-in Hybrid yang dirakit mulai 11 April 2022 hingga 21 Juli 2022.

Kia mengatakan bahwa pemilik mobil yang terkena dampak akan diberi tahu mulai 22 Maret 2023, sementara Hyundai akan menginformasikan mulai 26 Maret 2023. Pemilik akan diinstruksikan untuk membawa kendaraan mereka ke diler Kia atau Hyundai, jika perlu, tangki bahan bakar akan diganti dengan yang baru.